Amalia, Mira Riska (2021) Pemertahanan Integrasi Hindu dan Islam Pasca Konflik di Desa Pengastulan, Kecamatan Seririt, Bali. Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Di SMA Kelas XI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1514091008-COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1514091008-ABSTRAK.pdf Download (168kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1514091008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (327kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1514091008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1514091008-BAB 3 METEDELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PENELITIAN)
1514091008-BAB 4 HASIL DAN PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1514091008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1514091008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (282kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1514091008-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Abstrak Dalam masyarakat multi agama kemampuan beradaptasi dan toleransi merupakan pedoman pokok dalam berinteraksi dengan masyarakat. Pemertahanan integrasi hindu dan islam pasca konflik di Desa Pengastulan, menjadi salah satu unsur yang dapat memperkuat hubungan multikultur dan toleransi antar umat beragama. Dengan adanya hukum dan norma tersebut tentu parangkat desa, tokoh agama, dan tokoh masyrakat masih melakukan upaya demi upaya untuk menciptakan integrasi dengan melibatkan seluruh Masyrakat Pengastulan dalam kegiatan sosial sebagai wadah dalam menjalin hubungan antar sesama Hindu dan Islam di Desa Pengastulan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengidentifikasi faktor apa yang mendasari masyarakat Desa Pengastulan mewejudkan pemertahanan integrasi pasca konflik. 2) mengetahui cara yang dilakukan dalam mewujudkan integrasi Hindu dan Islam.3) mengetahui aspek apa saja dari isu Integrasi di Desa Pengastulan yang dapat dijadikan sumber belajar Sosiologi di kelas XI. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini menggunakan metode kualitatif yaitu dengan pendekatan jenis deskriptif. Penentuan informan dalam penelitian ini yaitu, perangkat desa, tokoh agama, klian adat, tokoh masyarakat, guru sosiologi. Pengempulan data melalui observasi, wawancara,dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) masyarakat dalam pemertahanan intergrasi hindu dan islam pasca konflik di desa pengastulan. 2) untuk mewujudkan cara integrasi sosial hindu dan islam pasca konflik di desa pengastulan yaitu dengan adaptation, goal attainment, integration, dan latenscy. 3) Aspek-aspek integrasi sosial di Desa Pengastulan yang bisa di jadikan sebagai sumber belajar mata pelajaran sosiologi di Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berkaitan dengan pemertahanan pasca konflik itu sendiri. Kata kunci: Pemertahanan Pasca Konflik, Intergari Sosial, Sumber Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemertahanan Pasca Konflik, Intergari Sosial, Sumber Belajar, |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1) |
Depositing User: | Mira Riska Amalia |
Date Deposited: | 26 Feb 2021 07:05 |
Last Modified: | 26 Feb 2021 07:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5841 |
Actions (login required)
View Item |