Developing PowToon as English Teaching Media for First Grade of Elementary School

Yuliandari, Ni Putu Ayu Puspa (2019) Developing PowToon as English Teaching Media for First Grade of Elementary School. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1512021156-COVER.pdf

Download (295kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1512021156-ABSTRAK.pdf

Download (106kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512021156-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (159kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512021156-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1512021156-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512021156-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1512021156-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512021156-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1512021156-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Teknologi di era Industri 4.0 berkembang dengan cepat dan itu berpengaruh terrhadap pendidikan. Sebagai seorang pendidik, guru dituntut untuk menyesuaikan trasformasi teknologi yang ada saat ini dengan pendidikan untuk menciptakan sebuah media pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan PowToon sebagai media pengajaran Bahasa Inggris. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas satu dan guru Bahasa Inggris di SDN 3 Banjar Jawa, Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian desain dan pengembangan dan menggunakan ADDIE model. Terdapat lima tahapan pada ADDIE model, yaitu Analysis, Desain, Pengembangan, Penerapan, dan Evaluasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah silabus analisis, angket siswa, pedoman wawancara guru, lembar penilaian ahli, dan lembar observasi. Terdapat lima topik yang dikembangakan untuk menjadi produk. Berdasarkan hasil dari lembar penilaian ahli, produk dikategorikan sebagai media yang sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa produk cocok untuk digunakan dalam mengajar Bahasa Inggris untuk kelas satu sekolah dasar. Berdasarkan hasil implementasi, penggunaan PowToon sebagai media pengajaran Bahasa Inggris memiliki manfaat seperti meningkatkan motivasi siswa dan menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih mudah. Guru pun setuju jika PowToon dapat membantu pengajaran dan pembelajaran menjadi efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pengajaran, media ICT, PowToon, anak-anak.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: NI PUTU AYU PUSPA YULIANDARI
Date Deposited: 24 Oct 2019 04:41
Last Modified: 24 Oct 2019 04:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/588

Actions (login required)

View Item View Item