Purnamayanthi, Komang Tri (2021) Analisis Tipe Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika berdasarkan Taksonomi Anderson pada Kelas X SMAK Santo Yoseph Denpasar. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1723011020-COVER.pdf Download (627kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1723011020-ABSTRAK.pdf Download (317kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1723011020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (390kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1723011020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1723011020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1723011020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1723011020-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1723011020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (443kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1723011020-LAMPIRAN.pdf Download (915kB) |
Abstract
Tri Purnamayanthi, Komang (2021), Analisis Tipe Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika berdasarkan Taksonomi Anderson pada Kelas X SMAK Santo Yoseph Denpasar. Tesis, Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr. I Nengah Suparta, M.Si. dan Pembimbing II : Dr. Gede Suweken, M.Sc. Kata-kata kunci: analisis kesalahan, taksonomi Anderson, tipe kesalahan, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tipe kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan taksonomi Anderson. Soal berdasarkan taksonomi Anderson diambil pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Dalam penelitian ini siswa diberikan 6 soal matematika, kemudian dianalisis kesalahannya dan dilanjutkan dengan mewawancarai siswa untuk menemukan penyebab kesalahannya. Hasil persentase kesalahan siswa berdasarkan level soal adalah C1K1 8,9%, C2K2 14,5%, C3K3 14,5%, C4K3 16,9%, C5K3 23,4%, dan C6K2 21,8%. Sedangkan persentase berdasarkan tipe kesalahan adalah jawaban kurang lengkap sebesar 13,6%, data yang disalahgunakan sebesar 2,4%, kesalahan teknik sebesar 18,6%, kesalahan dalam memahami materi sebelumnya sebesar 59,8%, salah menginterpretasikan bahasa sebesar 2,4% dan solusi yang tidak terverifikasi sebesar 3,2%. Dari hasil wawancara ditemukan penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu rendahnya pemahaman siswa dalam menalar dan memahami soal, kurangnya ketelitian dalam menyelesaikan operasi hitung, ceroboh, kesalahan asumsi yang terjadi akibat cara berpikir siswa yang spontan tanpa melihat kebermaknaan masalah, siswa tidak memahami konsep yang terkait dengan prosedur dalam menyelesaikan masalah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Komang Tri Purnamayanthi |
Date Deposited: | 27 Feb 2021 01:54 |
Last Modified: | 27 Feb 2021 01:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5969 |
Actions (login required)
View Item |