Kumarayasa, I Wayan (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF BERORIENTASI MASALAH MATEMATIKA TERBUKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1723011005-COVER.pdf Download (207kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1723011005-ABSTRAK.pdf Download (152kB) |
|
Text (BABI PENDAHULUAN)
1723011005-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (176kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1723011005-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1723011005-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1723011005-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1723011005-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1723011005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1723011005-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kumarayasa, I Wayan (2020), Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Generatif Berorientasi Masalah Matematika Terbuka Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Keterampilan Metakognitif Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Denpasar. Tesis, Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Drs. Sariyasa, M.Sc, Ph.D dan Pembimbing II : Dr. Gede Suweken, M.Sc. Kata kunci : pembelajaran generatif, masalah matematika terbuka, kemampuan pemecahan masalah, keterampilan metakognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran generatif berorientasi masalah matematika terbuka terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan keterampilan metakognitif siswa kelas XI SMA Negeri 7 Denpasar. Penelitian ekperimen semu ini menggunakan disain post-test only control group design pada populasi siswa kelas XI MIA SMA Negeri 7 Denpasar yang tersebar ke dalam 9 kelas. Selanjutnya, proses cluster random sampling menetapkan kelas XI MIA 1 dan kelas XI MIA 6 sebagai sampel penelitian. Data penelitian ini berupa data pemecahan masalah matematika dan keterampilan metakognitif masing-masing dikumpulkan dengan tes essai dan kuesioner yang selanjutnya dianalisis dengan uji Manova dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data menujukkan bahwa nilai F dari uji Pillai's Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling's Trace, dan Roy's Largest Root sama dengan 28,762 dengan nilai signifikasi 0,000. Jika nilai signifikansi 0,000 dibandingkan dengan alpha 0,05 maka nilai tersebut jauh lebih kecil dan dapat diputuskan untuk menolak H0. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran generatif berorientasi masalah matematika terbuka berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dan keterampilan metakognitif siswa kelas XI SMA Negeri 7 Denpasar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran generatif, masalah matematika terbuka, kemampuan pemecahan masalah, keterampilan metakognitif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | I Wayan Kumarayasa |
Date Deposited: | 02 Mar 2021 07:11 |
Last Modified: | 02 Mar 2021 07:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5982 |
Actions (login required)
View Item |