Pradnyaswari, Ni Putu Dian (2021) FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT PEMBELAJARAN DARING DI MASA COVID-19 PADA GURU SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031072-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031072-ABSTRAK.pdf Download (168kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031072-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (292kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031072-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031072-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031072-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031072-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031072-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (310kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031072-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Perubahan sistem pembelajaran tatap muka menjadi sistem pembelajaran daring yang terjadi secara tiba-tiba karena pandemi covid-19 yang melanda Indonesia. Kelancaran proses pembelajaran daring dipengaruhi oleh berbagai faktor yang dapat menjadi pendukung maupun penghambat kelancaran pembelajaran daring. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran daring serta seberapa besar kriteria faktor tersebut mempengaruhi pembelajaran daring. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Jumlah sampel sebanyak 79 orang dari total populasi sebanyak 99 orang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini, menggunakan metode nontes dengan menyebarkan kuesioner tertutup. Metode analisis data menggunakan persentase dan mean (rata-rata). Berdasarkan analisis data, diperoleh faktor pendukung pembelajaran daring sebesar 77,27% dengan kriteria tinggi sedangkan faktor penghambat sebesar 64,01% dengan kriteria tinggi. Dapat disimpulkan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran daring berada pada kriteria tinggi. Adapun faktor pendukung guru dalam pembelajaran daring adalah sarana prasarana yang memadai, kesiapan guru dalam merencanakan proses pembelajaran daring, kemahiran guru dalam penggunaan teknologi serta terjalinnya komunikasi antara guru dan orang tua sedangkan faktor penghambat pembelajaran daring pada guru adalah kesulitan guru dalam menyampaikan materi dan interaksi antara guru dan siswa sulit dilaksanakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Faktor pendukung, Faktor penghambat, Pembelajaran daring |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Dian Pradnyaswari |
Date Deposited: | 02 Mar 2021 04:12 |
Last Modified: | 02 Mar 2021 04:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6009 |
Actions (login required)
View Item |