Suryawati, Desak Gede (2021) KONTRIBUSI SIKAP SOSIAL, STATUS SOSIAL EKONOMI DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD DI GUGUS III KECAMATAN KERAMBITAN TABANAN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829041061-COVER.pdf Download (463kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829041061-ABSTRAK.pdf Download (137kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041061-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (266kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041061-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041061-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (451kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041061-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (542kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829041061-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041061-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (242kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829041061-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi sikap sosial, status sosial ekonomi dan konsep diri terhadap hasil belajar siswa kelas V SD di gugus III Kecamatan Kerambitan Tabanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan expost-facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD di gugus III Kecamatan Kerambitan Tabanan yang berjumlah 87 orang siswa. Dikarenakan jumlah populasi dalam penelitian ini tidak terlalu besar, maka seluruh populasi dalam penelitian ini langsung digunakan sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner dan studi dokumentasi. Data sikap sosial, status sosial ekonomi dan konsep diri dikumpulkan dengan kuesioner, sedangkan data hasil belajar siswa menggunakan nilai ujian tengah semester siswa. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa: 1) terdapat kontribusi yang signifikan sikap sosial terhadap hasil belajar siswa kelas V SD di gugus III Kecamatan Kerambitan Tabanan. Kontribusi sikap sosial terhadap hasil belajar siswa sebesar 57,9% dengan sumbangan efektif sebesar 36,29%, 2) terdapat kontribusi yang signifikan status sosial ekonomi terhadap hasil belajar siswa kelas V SD di gugus III Kecamatan Kerambitan Tabanan. Kontribusi status sosial ekonomi terhadap hasil belajar siswa sebesar 48% dengan sumbangan efektif sebesar 14,99%, 3) terdapat kontribusi yang signifikan konsep diri terhadap hasil belajar siswa kelas V SD di gugus III Kecamatan Kerambitan Tabanan. Kontribusi konsep diri terhadap hasil belajar siswa sebesar 45,3% dengan sumbangan efektif sebesar 22,50%, dan 4) secara bersama-sama, terdapat kontribusi yang signifikan sikap sosial, status sosial ekonomi, dan konsep diri terhadap hasil belajar siswa kelas V SD di gugus III Kecamatan Kerambitan Tabanan. Kontribusi sikap sosial, status sosial ekonomi, dan konsep diri terhadap hasil belajar siswa sebesar 73,8%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sikap sosial, status sosial ekonomi, konsep diri, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Desak Gede Suryawati,S.Pd.Sd |
Date Deposited: | 03 Mar 2021 13:00 |
Last Modified: | 03 Mar 2021 13:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6057 |
Actions (login required)
View Item |