PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SENAM LANTAI DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK

Kiabeni, Yuliana Yosefina (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SENAM LANTAI DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (1829121002-COVER)
1829121002-Cover.pdf

Download (294kB)
[img] Text (1829121002-ABSTRAK)
1829121002-Abstrak.pdf

Download (161kB)
[img] Text (1829121002-BAB 1 PENDAHULUAN)
1829121002-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (133kB)
[img] Text (1829121002-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829121002-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (1829121002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829121002-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (1829121002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829121002-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (1829121002-BAB 5 PENUTUP)
1829121002-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (1829121002-DAFTAR PUSTAKA)
1829121002-Daftar Pustaka.pdf

Download (169kB)
[img] Text (1829121002-LAMPIRAN)
1829121002-Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Keberhasilan kegiatan pembelajaran PJOK pada materi senam lantai diukur dari hasil belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran tersebut. Hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh model pembelajaran yang diterapkan dan minat belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran ditinjau dari minat belajar terhadap hasil belajar senam lantai peserta didik kelas V SDN 3 Kampung Baru. Rancangan penelitian quasi experimental ini dilakukan dengan pendekatan “treatment by level” dengan desain faktorial 2 x 2. Subjek penelitian berjumlah 40 orang yang terbagi dalam 2 kelompok, minat belajar tinggi dan minat belajar rendah. Data dianalisis menggunakan analisis kovarian (ANCOVA) dengan tingkat kepercayaan 95% (α = 0.05). Hasil analisis data penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar senam lantai peserta didik antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran PBL dengan yang mengikuti model pembelajaran konvensional (nilai Fhitung = 4.943 > Ftabel = 2.014, H0 ditolak); (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar senam lantai tergantung pada minat belajar (Fhitung = 158.710 > Ftabel = 2.014, H0 ditolak); (3) Pada peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi, hasil belajar senam lantai peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran PBL lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional (thitung = 6.077 > ttabel(20) = 1.7247, H0 ditolak); dan (4) Pada peserta didik yang memiliki minat belajar rendah, hasil belajar senam lantai peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran PBL (thitung = 14.227 > ttabel(20) = 1.7247, H0 ditolak). Sehingga, (1) Hasil belajar senam lantai pada peserta didik secara keseluruhan yang menggunakan model pembelajaran konvensional lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran PBL; (2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar senam lantai peserta didik; (3) Peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi, yang menggunakan model pembelajaran PBL mempunyai hasil belajar senam lantai lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional; dan (4) Peserta didik yang memiliki minat belajar rendah, yang menggunakan model pembelajaran konvensional mempunyai hasil belajar senam lantai daripada yang menggunakan model pembelajaran PBL. Model pembelajaran PBL merupakan strategi pembelajaran terbaik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran senam lantai, dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Minat Belajar, Hasil Belajar, Senam Lantai
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Olahraga (S2)
Depositing User: Yuliana Yosefina Kiabeni
Date Deposited: 04 Mar 2021 07:16
Last Modified: 04 Mar 2021 07:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6090

Actions (login required)

View Item View Item