Antari, Ni Kadek Yuni (2021) Kontribusi Kompetensi Pedagogik dan Profesional dengan Keterampilan Penerapan Gestur Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran di SD Gugus Budi Utomo Denpasar Timur. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031109-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031109-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031109-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (455kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031109-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (879kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031109-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (928kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031109-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031109-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031109-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (544kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031109-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Kekeliruan dalam pemberian gestur disebabkan oleh belum maksimalnya pemahaman akan hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kontribusi yang signifikan kompetensi pedagogik dengan keterampilan penerapan gestur guru dalam pelaksanaan pembelajaran, 2) kontribusi yang signifikan kompetensi profesional dengan keterampilan penerapan gestur guru dalam pelaksanaan pembelajaran, dan 3) kontribusi yang signifikan kompetensi pedagogik dan profesional dengan keterampilan penerapan gestur guru dalam pelaksanaan pembelajaran. Jumlah populasi penelitian yaitu 89 orang guru. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampling total sehingga seluruh anggota populasi yang berjumlah 89 orang guru dijadikan sebagai sampel penelitian. Penelitian dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian ex-post facto. Metode pengumpulan data menggunakan metode non tes dengan melakukan penyebaran kuesioner. Data penelitian dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan berganda. Sebelum uji regresi dilakukan uji asumsi sebagai prasyarat analisis regresi. Berdasarkan hasil analisis, 1) hipotesis I memperoleh thitung = 5,187 > ttabel = 1,987 dengan kontribusi sebesar 23,6% sehingga H0 ditolak, 2) hipotesis II memperoleh thitung = 5,314 > ttabel = 1,987 dengan kontribusi sebesar 24,5% sehingga H0 ditolak, dan 3) hipotesis III memperoleh Fhitung = 17,33 > Ftabel = 3,10 dengan kontribusi sebesar 28,7% sehingga H0 ditolak. Berdasarkan hal tersebut, kompetensi pedagogik dan profesional secara parsial dan simultan memberikan kontribusi yang signifikan dengan keterampilan penerapan gestur guru dalam pelaksanaan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompetensi, pedagogik, profesional, gestur guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Yuni Antari |
Date Deposited: | 05 May 2021 01:24 |
Last Modified: | 05 May 2021 01:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6130 |
Actions (login required)
View Item |