KONTRIBUSI GAYA KOGNITIF DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SD GUGUS II KECAMATAN TEGALLALANG TAHUN AJARAN 2020/2021

Wahyudi, Made (2021) KONTRIBUSI GAYA KOGNITIF DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SD GUGUS II KECAMATAN TEGALLALANG TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031104-COVER.pdf

Download (554kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031104-ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031104-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (137kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031104-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031104-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031104-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031104-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031104-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031104-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan gaya kognitif dan sikap ilmiah terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok siswa kelas V SD di Gugus II Kecamatan Tegallalang tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah 136 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Cluster Random Sampling. Berdasarkan hasil pengundian diketahui bahwa jumlah anggota sampel dalam penelitian ini adalah 110 orang. Data gaya kognitif dikumpulkan dengan metode tes menggunakan perangkat instrument GEFT. Data sikap ilmiah dikumpulkan dengan metode non tes menggunakan perangkat instrument kuesiones sikap ilmiah. Sedangkan data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan pecatatan dokumen nilai UAS. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dan berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan gaya kognitif terhadap kompetensi pengetahuan IPA (sig. 0,000<0,05), dengan R Square 0,261 atau berpengaruh sebesar 26,1%, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan sikap ilmiah terhadap kompetensi pengetahuan IPA (sig. 0,000<0,05) dengan R Square 0,225 atau berpengaruh sebesar 22,5%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan gaya kognitif dan sikap ilmiah terhadap kompetensi pengetahuan IPA (sig. 0,000<0,05), dengan R Square 0,261 atau berpengaruh sebesar 26,1%. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan gaya kognitif terhadap kompetensi pengetahuan IPA, sikap ilmiah terhadap kompetensi pengetahuan IPA, serta gaya kognitif dan sikap ilmiah terhadap kompetensi pengetahuan IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kognitif, Sikap Ilmiah, Kompetensi Pengetahuan IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Made Wahyudi
Date Deposited: 10 Jun 2021 00:58
Last Modified: 10 Jun 2021 00:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6131

Actions (login required)

View Item View Item