Putra, Putu Wahyu Bagiana (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Berorientasi Teori Belajar Ausubel Kelas V SD Negeri 3 Celuk Sukawati Gianyar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031076-COVER.pdf Download (789kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031076-ABSTRAK.pdf Download (125kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031076-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (84kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031076-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031076-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (530kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031076-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031076-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031076-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (296kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031076-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D yang bertujuan untuk (1) Merancang media pembelajaran aplikasi yang diberi nama SiCeria untuk pelajaran tematik muatan IPA materi sistem pencernaan manusia kelas V SD dengan berorientasi pada teori belajar Ausubel, (2) Mengetahui bagaimana validitas media pembelajaran aplikasi SiCeria berorientasi teori belajar Ausubel dari ahli isi mata pelajaran, ahli media pembelajaran dan ahli desain pembelajaran, serta siswa kelas V berdasarkan hasil uji coba produk. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementationt, dan Evaluationt. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode non tes dengan istrumen yang digunakan berupa lembar kuesioner dengan skala likert 4. Adapun hasil uji validasi produk oleh ahli materi dengan persentase skor 91,66% yang berada pada kategori sangat baik. Validator ahli media pembelajaran dengan persentase skor 97,50% dengan kategori sangat baik dan hasil validasi ahli desain pembelajaran dengan persentase skor 90,00% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba perorangan dengan persentase 90,15% dengan kategori sangat baik, dan uji kelompok kecil dengan persentase 84,85% berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba tersebut, maka media pembelajaran aplikasi SiCeria berorientasi teori belajar Ausubel yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk membelajarkan materi sistem pencernaan manusia pada kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IPA, sistem pencernaan manusia, media pembelajaran, aplikasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Wahyu Bagiana Putra |
Date Deposited: | 05 May 2021 01:47 |
Last Modified: | 05 May 2021 01:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6139 |
Actions (login required)
View Item |