KONTRIBUSI INTENSITAS PEMAKAIAN GADGET DAN PERAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD

Naibaho, Christopher Damian Unisi (2021) KONTRIBUSI INTENSITAS PEMAKAIAN GADGET DAN PERAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031279-COVER.pdf

Download (959kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031279-ABSTRAK.pdf

Download (170kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031279-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (330kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031279-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031279-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031279-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031279-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031279-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031279-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pemakaian gadget membantu siswa dan guru untuk tetap dapat melakukan kegiatan pembelajaran walaupun tidak bertemu secara langsung di dalam satu kelas, dalam hal ini kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Namun, hal ini berarti siswa akan lebih sering untuk menggunakan gadget, yang tidak menutup kemungkinan siswa mengakses hal-hal lain diluar pembelajaran, maka dari itu peran dari orang tua sangatlah penting dalam mengawasi anaknya dalam penggunaan gadget sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran kontribusi yang diberikan intensitas pemakaian gadget serta peran orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 361 siswa kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Kecamatan Denpasar Utara, sampel berjumlah 178 siswa, jumlah sampel ditentukan menggunakan tabel Isaac and Michael, dan selanjutnya ditentukan melalui proportional random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode non-tes. Data intensitas pemakaian gadget dan peran orang tua didapatkan melalui penyebaran kuisioner, sedangkan data hasil belajar siswa didapat melalui pencatatan dokumen. Uji hipotesis dilakukan menggunakan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier ganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa intensitas pemakain gadget berpengaruh negatif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD dengan memberikan kontribusi sebesar 3,5%, peran orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika kelas V SD sebesar 3%. Sedangkan intensitas pemakaian gadget dan peran orang tua secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 8%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: gadget, peran orang tua, matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Christopher Damian Unisi Naibaho
Date Deposited: 11 May 2021 05:20
Last Modified: 11 May 2021 05:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6144

Actions (login required)

View Item View Item