Putra, I Made Juana (2021) Pengembangan Multimedia Interaktif Berorientasi Pendekatan Kontekstual Muatan IPA Materi Sumber Energi Kelas IV SD Nomor 5 Abiansemal Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031232-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031232-ABSTRAK.pdf Download (195kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031232-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (234kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031232-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031232-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031232-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031232-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031232-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (171kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031232-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan bertujuan untuk mengetahui rancang bangung multimedia interaktif berorientasi pendekatan kontekstual muatan IPA materi sumber energi kelas IV SD Nomor 5 Abiansemal dan mengetahui kelayakan multimedia interaktif berorientasi pendekatan kontekstual muatan IPA materi sumber energi kelas IV SD Nomor 5 Abiansemal. Subjek uji penelitian pengembangan ini adalah ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan siswa kelas IV di SD Nomor 5 Abiansemal sebagai subjek uji coba. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan DDD-E (Decide, Design, Develop, & Evaulate) sebagai langkah-langkah sistematis pada proses pengembangan produk. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, angket dan wawancara tak terstruktur. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah produk multimedia interaktif meliputi hasil (1) Deskripsi proses pengembangan multimedia interaktif berorientasi pendekatan kontekstual yaitu tahap menetapkan, desain, pengembangan, dan evaluasi. (2) Multimedia interaktif dinyatakan layak berdasarkan hasil uji produk meliputi: (a) hasil penilaian ahli ini pembelajaran memperoleh persentase skor (94,50%) dengan kualifikasi sangat baik, (b) hasil penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh persentase skor (94,23%) dengan kualifikasi sangat baik, (c) hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor (91,17%) dengan kualifikasi sangat baik, (d) hasil penilaian siswa melalui uji coba perorangan memperoleh persentase skor (93,33%) dengan kualifikasi sangat baik. Dari hasil uji ahli dan uji coba dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berorientasi pendekatan kontekstual layak digunakan pada proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, multimedia interaktif, IPA, kontekstual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I MADE JUANA PUTRA |
Date Deposited: | 08 Jun 2021 05:57 |
Last Modified: | 08 Jun 2021 05:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6191 |
Actions (login required)
View Item |