Dewantara, Putu Agatha Krisna (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Problem Solving Masalah-Masalah Sosial yang Kontekstual Muatan Materi IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 4 Dalung. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031230-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031230-ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031230-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (432kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031230-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (524kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031230-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031230-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031230-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031230-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (311kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031230-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun video pembelajaran berbasis problem solving masalah-masalah sosial yang kontekstual muatan materi IPS (2) menguji kelayakan video pembelajaran berbasis problem solving masalah-masalah sosial yang kontekstual muatan materi IPS. Subjek penelitian yaitu: 1 ahli isi mata pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 siswa untuk uji coba perorangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara berstruktur, dan kuesioner/angket. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian (1) Rancang bangun video pembelajaran berbasis problem solving masalah-masalah sosial yang kontekstual muatan materi IPS menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahapan: (a) tahap analisis (analyze), (b) tahap merancang (design), (c) tahap mengembangkan (development), (d) tahap implentasi (implementation), (e) tahap evaluasi (evaluation). (2) Video pembelajaran berbasis problem solving masalah- masalah sosial yang kontekstual muatan materi IPS dikatakan valid dengan: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan video pembelajaran sangat baik dengan pesentase (93,00%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan video pembelajaran sangat baik dengan persentase (90,00%). (c) hasil review ahli media pembelajaran menunjukkan video pembelajaran sangat baik dengan pesentase (91,00%), (d) hasil uji peorangan menunjukkan video pembelajaran sangat baik dengan persentase (93,05%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran, IPS, Masalah Sosial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Agatha Krisna Dewantara |
Date Deposited: | 08 Jun 2021 06:05 |
Last Modified: | 08 Jun 2021 06:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6195 |
Actions (login required)
View Item |