PENGARUH BAHAN AJAR KIMIA ELEKTRONIK BERMUATAN BUDAYA LOKAL BALI PADA MATERI ASAM DAN BASA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA

SATRIYANTI, NI NYOMAN NOPI (2021) PENGARUH BAHAN AJAR KIMIA ELEKTRONIK BERMUATAN BUDAYA LOKAL BALI PADA MATERI ASAM DAN BASA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1713031014-COVER.pdf

Download (316kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713031014-ABSTRAK.pdf

Download (437kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713031014-BAB 1-PENDAHULUAN.pdf

Download (201kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713031014-BAB 2-KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713031014-BAB 3-METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713031014-BAB 4-HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713031014-BAB 5-PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713031014-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713031014-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran kimia yang terdapat dalam kurikulum 2013 mengarahkan adanya kesesuaian materi yang diajarkan dengan kehidupan sehari-hari atau fenomena nyata. Penyesuaian pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari dapat diintegrasikan dengan budaya lokal Bali yang berkembang di masyarakat. Dalam implementasinya budaya lokal masih jarang diintegrasikan dalam pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan menggunakan bahan ajar yang bermuatan budaya lokal Bali dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan pengaruh bahan ajar kimia elektronik bermuatan budaya lokal Bali terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan one group posttest only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Blahbatuh Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 216 siswa. Sampel penelitian ini dipilih dengan teknik cluster random sampling dari 6 kelas XI MIPA, kelas XI MIPA 2 terpilih sebagai kelas yang belajar menggunakan bahan ajar kimia elektronik bermuatan budaya lokal Bali. Instrumen pengumpulan data berupa tes hasil belajar, lembar penilaian sikap dan keterampilan. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik inferensial dengan uji proporsi satu sampel. Hasil uji hipotesis proporsi satu sampel menghasilkan proporsi ketercapaian kriteria ketuntasan minimal individu pada ranah kognitif dan psikomotorik lebih dari 85%. Di sisi lain, proporsi ketercapaian pada ranah afektif yang memenuhi kriteria baik lebih dari 85%. Berdasarkan hasil penelitian, bahan ajar kimia elektronik bermuatan budaya lokal Bali efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar elektronik, budaya lokal Bali, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Ni Nyoman Nopi Satriyanti
Date Deposited: 10 Jun 2021 06:44
Last Modified: 10 Jun 2021 06:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6196

Actions (login required)

View Item View Item