Pengembangan Aplikasi Daring Pembelajaran IPA pada Pokok Bahasan Organ Gerak Manusia Kelas V SD Negeri 11 Sumerta Kecamatan Denpasar Timur

Fitriani, Ni Made Anggi Dian (2021) Pengembangan Aplikasi Daring Pembelajaran IPA pada Pokok Bahasan Organ Gerak Manusia Kelas V SD Negeri 11 Sumerta Kecamatan Denpasar Timur. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031106-COVER.pdf

Download (430kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031106-ABSTRAK.pdf

Download (124kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031106-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (231kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031106-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031106-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031106-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031106-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031106-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031106-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Terbatasnya media pembelajaran elektronik yang dapat digunakan guru dalam proses pembelaran IPA mengakibatkan proses pembelajaran kurang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dan validitas dari aplikasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Rancang bangun aplikasi pembelajaran meliputi lima tahapan yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. (2) Aplikasi pembelajaran valid dengan hasil review ahli isi pembelajaran yang menunjukkan aplikasi pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (96,6%), hasil review ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (93,75%), hasil review ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (90%), hasil uji perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (90,53%), dan hasil uji kelompok kecil berada pada kualifikasi baik (88,86%). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran IPA dinyatakan valid. Implikasi dari hasil penelitian ini yaitu meningkatkan semangat dan motivasi belajar siswa, membuka wawasan guru, dan menambah koleksi media pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: aplikasi, pembelajaran, pengembangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Anggi Dian Fitriani
Date Deposited: 11 Jun 2021 01:08
Last Modified: 11 Jun 2021 01:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6201

Actions (login required)

View Item View Item