Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Materi Menulis Puisi pada Siswa Kelas IV SD Negeri 11 Padangsambian Muatan Bahasa Indonesia Tahun Ajaran 2020/2021

Prasanthi, Ni Made Dwitya (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Materi Menulis Puisi pada Siswa Kelas IV SD Negeri 11 Padangsambian Muatan Bahasa Indonesia Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031051-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031051-ABSTRAK.pdf

Download (46kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031051-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (136kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031051-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031051-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031051-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031051-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031051-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031051-LAMPIRAN.pdf

Download (18MB)

Abstract

Kurangnya minat siswa dalam menulis puisi menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV. Hal ini disebabkan oleh sulitnya siswa di dalam menuangkan ide ke dalam bentuk tulisan dan kurang tersedianya media pembelajaran sebagai bahan penunjang guru. Berdasarkan kajian tersebut maka dikembangkan video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual materi menulis puisi pada siswa kelas IV SD muatan bahasa Indonesia dengan tujuan untuk: (1) mendeskripsikan rancang bangun video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual menulis puisi muatan bahasa Indonesia dan (2) mendeskripsikan validitas video pembelajaran berbasis pendekatan kontestual menulis puisi muatan bahasa Indonesia. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan metode dan instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu: (1) rancang bangun video pembelajaran dikembangkan berdasarakan pada tahapan ADDIE. (2) Hasil validitas pengembangan video pembelajaran berdasarkan penilaian dari ahli isi diperoleh persentase sebesar 100% dengan kualifikasi sangat baik. Penilaian dari ahli desain pembelajaran diperoleh persentase sebesar 100% dengan kualifikasi sangat baik. Sedangkan penilaian dari ahli media pembelajaran diperoleh persentase sebesar 96,43% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba perorangan diperoleh persentase sebesar 97,62% dengan kualifikasi sangat baik. Sedangkan hasil dari uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 96,43% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka video pembelajaran layak untuk digunakan dalam pembelajaran dan terimplikasi sebagai bahan penunjang pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa, memberikan motivasi belajar siswa, dan menjadikan pembelajaran lebih bervariasi terhadap pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, video pembelajaran, kontekstual, menulis puisi.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Dwitya Prasanthi
Date Deposited: 11 Jun 2021 08:52
Last Modified: 11 Jun 2021 08:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6209

Actions (login required)

View Item View Item