Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar

Manuaba, Gede Ngurah Griantara (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031254-COVER.docx.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031254-ABSTRAK.docx.pdf

Download (32kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031254-BAB 1 PENDAHULUAN.docx.pdf

Download (149kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031254-BAB 2 KAJIAN TEORI.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031254-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031254-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031254-BAB 5 PENUTUP.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031254-DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf

Download (112kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031254-LAMPIRAN.docx.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun pengembangan video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual pada muatan IPA kelas V SD No. 5 Abiansemal dan mengetahui kelayakan video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual pada muatan IPA kelas V SD No. 5 Abiansemal. Subjek uji coba pada penelitian pengembangan ini adalah ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan siswa kelas V di SD No.5 Abiansemal. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation) sebagai langkah-langkah sistematis pada proses pengembangan produk. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, penyebaran angket dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah produk video pembelajaran meliputi hasil (1) Deskripsi proses pengembangan video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual yaitu tahapan analisis, desain, pengembangan dan evaluasi. (2) video pembelajaran dinyatakan layak berdasarkan hasil uji coba produk meliputi: (a) hasil penilaian ahli isi pembelajaran memperoleh skor 95,83% dengan kualifikasi sangat baik, (b) hasil penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh skor 94,23% dengan kualifikasi sangat baik, (c) hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh skor 85,00% dengan kualifikasi baik, (d) hasil penilaian siswa melalui uji perorangan memperoleh skor 94,00% dengan kualifikasi sangat baik, dan hasil penilaian melalui uji kelompok kecil memperoleh skor 95,83% dengan kualifikasi sangat baik.Sehingga dapat dinyatakan bahwa media video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual sangat sesuai dan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran muatan IPA di kelas V SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, video pembelajaran, IPA, kontekstual
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Gede Ngurah Griantara Manuaba
Date Deposited: 11 Jun 2021 08:54
Last Modified: 11 Jun 2021 08:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6219

Actions (login required)

View Item View Item