PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI MaCa (MATERI PECAHAN) BERORIENTASI TEORI BELAJAR AUSUBEL MUATAN MATEMATIKA KELAS III DI SD NEGERI 3 CELUK

Rasvani, Ni Luh Ade (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI MaCa (MATERI PECAHAN) BERORIENTASI TEORI BELAJAR AUSUBEL MUATAN MATEMATIKA KELAS III DI SD NEGERI 3 CELUK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031132-COVER.pdf

Download (692kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031132-ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031132-BAB 1-PENDAHULUAN.pdf

Download (460kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031132-BAB 2-KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031132-BAB 3-METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (892kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031132-BAB 4-HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031132-BAB 5-PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031132-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (557kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031132-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pemanfaatan teknologi dibidang pendidikan khususnya tingkat sekolah dasar belum sepenuhnya optimal sehingga mempengaruhi proses pelaksanaan pembelajaran yang berdampak pada kualitas pembelajaran. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi yang disesuaikan dengan kebutuhan pada pembelajaran saat ini. Aplikasi ini dirancang agar siswa dapat memahami materi secara bermakna dengan menerapkan teori belajar Ausubel sehingga proses pemahaman materi oleh siswa tidak hanya sekedar menghafal namun dapat memahami materi secara bermakna sehingga apa yang dipelajari memiliki ingatan jangka panjang. Penelitian pengembangan ini menerapkan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Evaluation). Metode pengumpulan data mempergunakan angket atau kuesioner yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif serta analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil review dari tiga pakar ahli, yaitu review pakar ahli isi mata pelajaran memperoleh persentase 87,5% dengan kualifikasi baik, review pakar ahli media pembelajaran memperoleh persentase 93,75% dengan kualifikasi sangat baik, dan review pakar ahli desain pembelajaran memperoleh persentase 91,66%. Selanjutnya berdasarkan hasil review tersebut maka produk dapat dipergunakan dalam tahap uji coba produk. Adapun hasil uji coba produk perorangan memperoleh persentase 92,66% dengan kualifikasi sangat baik dan uji kelompok kecil dengan persentase 91,66% dengan kualifikasi sangat baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa aplikasi yang dikembangkan sangat baik dan layak untuk dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Pecahan, Ausubel, ADDIE.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI LUH ADE RASVANI
Date Deposited: 14 Jun 2021 01:02
Last Modified: 14 Jun 2021 01:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6230

Actions (login required)

View Item View Item