PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MUATAN IPS MATERI SUMBER DAYA ALAM KELAS IV SD NOMOR 4 SIBANGKAJA KECAMATAN ABIANSEMAL

Lestari, Ni Komang Ayu Suci (2021) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MUATAN IPS MATERI SUMBER DAYA ALAM KELAS IV SD NOMOR 4 SIBANGKAJA KECAMATAN ABIANSEMAL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031115-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031115-ABSTRAK.pdf

Download (323kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031115-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031115-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031115-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031115-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031115-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031115-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (533kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031115-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilatarbelakangi oleh keterbatasan guru dalam menemukan media pembelajaran yang tepat, pada situasi pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun video pembelajaran berbasis model discovery learning dan (2) untuk mengetahui kelayakan pengembangan video pembelajaran berbasis model discovery learning. Model penelitian yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode kuesioner. Uji rancangan produk dilakukan oleh beberapa ahli dan siswa yang meliputi: (1) ahli isi, (2) ahli desain pembelajaran, (3) ahli media pembelajaran, dan (4) uji coba perorangan yang terdiri dari tiga orang siswa. Bentuk analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan data hasil penelitian menunjukkan tingkat persentase kelayakan video pembelajaran menurut ahli isi sebesar 93,75% dengan kualifikasi sangat baik, tingkat persentase kelayakan video pembelajaran menurut ahli desain pembelajaran sebesar 90,38% dengan kualifikasi sangat baik, serta tingkat kelayakan video pembelajaran menurut ahli media pembelajaran sebesar 87,5% dengan kualifikasi baik dan menurut uji coba perorangan tingkat persentase kelayakan video pembelajaran sebesar 91,66% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan video pembelajaran berbasis model pembelajaran discovery learning layak digunakan dalam proses pembelajaran pada muatan IPS untuk siswa kelas IV di SD No. 4 Sibangkaja Tahun 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran, Discovery Learning, Muatan IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI KOMANG AYU SUCI LESTARI
Date Deposited: 17 Jun 2021 00:58
Last Modified: 17 Jun 2021 00:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6254

Actions (login required)

View Item View Item