HUBUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS IV SD GUGUS I KECAMATAN TABANAN

Dewi, Ni Luh Pt. Sintya Pramitha (2021) HUBUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS IV SD GUGUS I KECAMATAN TABANAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031251-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031251-ABSTRAK.pdf

Download (322kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031251-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (962kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031251-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031251-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031251-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031251-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031251-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (640kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031251-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan lingkungan keluarga dengan hasil belajar IPS selama masa pandemi COVID-19 siswa kelas IV SD Gugus I Kecamatan Tabanan. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto dengan dua variabel yaitu lingkungan keluarga (X) dan hasil belajar IPS (Y). Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu 57 orang siswa kelas IV SD Gugus I Kecamatan Tabanan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling total yaitu jumlah sampel sama dengan jumlah populasi. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket untuk mendapatkan data lingkungan keluarga serta metode pencatatan dokumen untuk mendapatkan data hasil belajar IPS berupa nilai UAS IPS semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan lingkungan keluarga dengan hasil belajar IPS selama masa pandemi COVID-19 siswa kelas IV SD Gugus I Kecamatan Tabanan dengan rxy = 0,398 > rtabel = 0,2609 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar IPS selama masa pandemi COVID-19 siswa kelas IV SD Gugus I Kecataman Tabanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: lingkungan keluarga, hasil belajar IPS.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Luh Pt. Sintya Pramitha Dewi
Date Deposited: 18 Jun 2021 01:31
Last Modified: 18 Jun 2021 01:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6262

Actions (login required)

View Item View Item