Pengembangan Media Pembelajaran Harga Jual dan Beli Berbasis Kartun untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Tunagrahita Kelas VIII Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 2 Buleleng

Saputra, Kadek Martin (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Harga Jual dan Beli Berbasis Kartun untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Tunagrahita Kelas VIII Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 2 Buleleng. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1413011073-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1413011073-ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1413011073-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (329kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1413011073-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1413011073-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1413011073-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1413011073-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1413011073-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (419kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1413011073-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat desain dan prototype media pembelajaran harga jual dan beli berbasis kartun yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa tunagrahita kelas VIII Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 2 Buleleng. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang dimodifikasi. Tahapan pengembangan model ADDIE yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, dan implementasi terbatas serta evaluasi formatif (per-tahap) dan evaluasi sumatif secara terbatas. Data evaluasi materi dan media dikumpulkan dengan instrumen evaluasi yang diisi oleh ahli materi dan ahli media, data pemahaman konsep siswa dikumpulkan dengan tes yang diberikan kepada siswa setelah mencoba media yang dikembangkan. Evaluasi media dilakukan oleh dua orang guru di SLB Negeri 2 Buleleng sebagai ahli materi, dosen teknologi pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha, dan dua dosen pendidikan matematika Universitas Pendidikan Ganesha sebagai ahli media, dan seorang guru dan beberapa siswa SLB Negeri 2 Buleleng sebagai responden dalam implementasi terbatas. Hasil penelitian berupa desain media pembelajaran berbentuk storyboard kemudian media pembelajaran dibuat menggunakan macromedia flash 8 dengan karakteristik menggunakan penggabungan antara unsur teks, gambar, animasi, dan audio menjadi satu kesatuan dalam penyajian. Hasil evaluasi media menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan mempunyai kelayakan materi yang tergolong sangat layak dengan rata-rata skor sebesar 4,55; mempunyai kelayakan media yang tergolong layak dengan rata-rata skor sebesar 4,12; efisiensi media tergolong sangat tinggi dengan rata-rata skor masing-masing 4,21 berdasarkan respon siswa dan 4,54 berdasarkan respon guru; dan persentase ketuntasan pemahaman konsep siswa sebesar 100% itu menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat layak, efisien, dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, macromedia flash 8, media pembelajaran, harga jual dan beli.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: KADEK MARTIN SAPUTRA
Date Deposited: 21 Jun 2021 06:54
Last Modified: 21 Jun 2021 06:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6274

Actions (login required)

View Item View Item