Anggreni, Ni Kade Siti (2021) PENGEMBANGAN VIDEO BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI SIKLUS HIDUP HEWAN PADA MUATAN IPA KELAS IV SD NEGERI 15 DAUH PURI KECAMATAN DENPASAR BARAT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031308-COVER.pdf Download (945kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031308-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031308-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (376kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031308-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (740kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031308-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (718kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031308-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031308-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031308-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (363kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031308-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil analisis kebutuhan media pembelajaran di Sekolah Dasar selama proses pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan rancang bangun dari produk video berbasis problem based learning dan (2) mengetahui kelayakan video menurut hasil review para ahli dan uji perorangan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluations). Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu kuesioner/angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Pengembangan video berbasis problem based learning ini dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian sebagai berikut (1) ahli isi mata pelajaran memperoleh persentase skor 100% dengan kualifikasi sangat baik, (2) ahli desain pembelajaran memperoleh presentase skor 90,38% dengan kualifikasi sangat baik, (3) ahli media pembelajaran memperoleh presentase skor 87.5% dengan kualifikasi baik dan (4) uji perorangan memperoleh presentase skor 90,83% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil keseluruhan dari penilaian para ahli dan uji perorangan terkualifikasi sangat baik. Didasarkan pada hasil uji coba produk dapat disimpulkan bahwa video berbasis problem based learning yang dikembangkan sangat layak diterapkan dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran, Problem Based Learning, Siklus Hidup Hewan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI KADEK SITI ANGGRENI |
Date Deposited: | 27 Jun 2021 01:07 |
Last Modified: | 27 Jun 2021 01:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6294 |
Actions (login required)
View Item |