Saputra, I Made Mahendra (2021) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS PROJECT DALAM MUATAN MATERI KENAMPAKAN ALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 4 PENATIH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031201-COVER.pdf Download (710kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031201-ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031201-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (523kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031201-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (676kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031201-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (893kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031201-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (945kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031201-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031201-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (511kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031201-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan rancang bangun media video animasi berbasis project dalam muatan materi kenampakan alam mata pelajaran IPS (2) Menguji kelayakan media video animasi berbasis project dalam muatan materi kenampakan alam mata pelajaran IPS menurut para ahli dan uji coba produk. Subjek penelitian yaitu: 1 ahli mata pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 siswa untuk uji coba perorangan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara , pencatatan dokumen, dan kuesioner/angket.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian (1) Rancang bangun media video animasi berbasis project dalam muatan materi kenampakan alam mata pelajaran IPS menggunakan model pengembangan ADDIE.(2) Media video animasi berbasis project dalam muatan materi kenampakan alam mata pelajaran IPS dikatakan valid dengan: (a) review ahli isi mata pelajaran menunjukkan media video animasi sangat baik dengan persentase (95%), (b) review ahli desain pembelajaran media video animasi berbasis project termasuk dalam kriteria baik dengan persentase (76,92%). (c) hasil review ahli media video animasi berbasis project termasuk dalam kriteria baik dengan persentase (84,37%) dan (d) hasil uji perorangan media video animasi masuk dalam kriteria baik dengan persentase (83,33%) sehingga layak digunakan dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 4 Penatih.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video animasi, berbasis project , IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Made Mahendra Saputra |
Date Deposited: | 27 Jun 2021 01:15 |
Last Modified: | 27 Jun 2021 01:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6312 |
Actions (login required)
View Item |