Nuryani, Ni Luh (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA PADA MUATAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 PENINJOAN TAHUN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031264-COVER.pdf Download (885kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031264-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031264-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (465kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031264-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031264-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (940kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031264-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031264-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031264-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (360kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031264-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun media pembelajaran Flipbook Materi Sistem Pernapasan Manusia pada Muatan IPA Siswa Kelas V SD dan mengetahui kelayakan media pembelajaran Flipbook Materi Sistem Pernapasan Manusia pada muatan IPA siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development and Implementation, Evaluation) sebagai langkah-langkah sistematis dalam proses pengembangan produk. Metode yang digunakan yaitu metode non tes yang meliputi wawancara dan angket/kuisioner sebagai instrument pengumpulan data. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan teknik analisis data deskriptf kualitatif. Uji coba pada penelitian pengembangan ini meliputi ahli isi pembelajaran, ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran dan menggunakan subjek yaitu siswa kelas V Sekolah Dasar. Hasil penilaian media dari penilaian ahli isi pembelajaran memperoleh persentase skor (98%) dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor (93%) dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh persentase skor (92,5%) dengan kualifikasi sangat baik, dan dari subjek uji coba perorangan dari siswa memperoleh persentase skor (95%) dengan kualifikasi sangat baik. Dari hasil uji coba dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flipbook layak digunakan pada proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, media, flipbook |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI LUH NURYANI |
Date Deposited: | 28 Jun 2021 01:27 |
Last Modified: | 28 Jun 2021 01:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6317 |
Actions (login required)
View Item |