PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AREA BERBANTUAN GAME BASA BALI BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK LAB UNDIKSHA

Yuda Pebriandana Putra, Made (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AREA BERBANTUAN GAME BASA BALI BERBASIS ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK USIA DINI DI TK LAB UNDIKSHA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1315051057-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1315051057-ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1315051057-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (416kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1315051057-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1315051057-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1315051057-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (870kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1315051057-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1315051057-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1315051057-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Media pembelajaran berupa Game pada umumnya harus dieksperimenkan terlebih dahulu sebelum dapat dikatakan layak untuk digunakan dalam proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk Mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Area Berbantuan Game Basa Bali Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Anak Usia Dini Di TK LAB Undiksha, (2) Untuk mengetahui respon anak usia dini di TK LAB Undiksha setelah menggunakan media Game Basa Bali Berbasis Android. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan menggunakan model pembelajaran area. Sampel penelitian ini adalah anak kelas bermain di TK LAB Undiksha tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Terdapat perbedaan yan lebih positif pada hasil belajar siswa yang belajar menggunakan media Game edukasi Basa Bali dengan siswa yang belajar menggunakan media lembar kerja anak di TK LAB Undiksha dengan rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen adalah 21,15 dan kelompok Kontrol adalah 14,04. (2) Hasil analisis data respon siswa menunjukkan bahwa, didapatkan rata-rata skor respon sebesar 4,50, jika dikonversikan ke dalam tabel penggolongan respon maka termasuk pada kategori sangat positif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Model Area, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Made Yuda Pebriandana Putra
Date Deposited: 02 Jul 2021 06:57
Last Modified: 02 Jul 2021 06:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6318

Actions (login required)

View Item View Item