Yunus, Fahrizal (2021) MUSEUM BALI DI KOTA DENPASAR, BALI (LATAR BELAKANG SEJARAH, KOLEKSI, DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SMA). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1714021020-COVER.pdf Download (797kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1714021020-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1714021020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (195kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1714021020-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1714021020-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASL DAN PEMBAHASAN)
1714021020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1714021020-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1714021020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1714021020-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) sejarah berdirinya Museum Bali, (2) struktur bangunan Museum Bali, (3) koleksi dari Museum Bali yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian sejarah, diantaranya adalah (1) pengumpulan sumber, (2) kritik sumber, (3) Interpretasi (penafsiran), (4) Historiografi (penulisan sejarah). Hasil penelitian ini adalah (1) Kebijakan Baliseering sebagai upaya menjadikan Bali sebagai Museum dilakukan dengan upaya penyelamatan benda-benda bersejarah, (2) struktur bangunan Museum Bali berdasarkan bangunan tradisional tetapi mengikuti fungsi museum, (3) koleksi museum yang berpotensi sebagai sumber belajar. Adapun koleksi Museum Bali yang bisa dijadikan sebagai sumber belajar sejarah hasil analisis kurikulum dan silabus adalah (1) artefak pra-aksara, (2) berbagai jenis uang kepeng, (3) Cili, (4) Keris, dan (5) peninggalan kolonial yang selanjutnya disusun kedalam Buku Suplemen supaya dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar sejarah di SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sejarah, koleksi, sumber belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sejarah (S1) |
Depositing User: | FAHRIZAL YUNUS |
Date Deposited: | 10 Jul 2021 14:43 |
Last Modified: | 10 Jul 2021 14:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6393 |
Actions (login required)
View Item |