MUSEUM BALI DI KOTA DENPASAR, BALI (LATAR BELAKANG SEJARAH, KOLEKSI, DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SMA)

Yunus, Fahrizal (2021) MUSEUM BALI DI KOTA DENPASAR, BALI (LATAR BELAKANG SEJARAH, KOLEKSI, DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SMA). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1714021020-COVER.pdf

Download (797kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1714021020-ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1714021020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (195kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1714021020-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1714021020-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASL DAN PEMBAHASAN)
1714021020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1714021020-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1714021020-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1714021020-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) sejarah berdirinya Museum Bali, (2) struktur bangunan Museum Bali, (3) koleksi dari Museum Bali yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian sejarah, diantaranya adalah (1) pengumpulan sumber, (2) kritik sumber, (3) Interpretasi (penafsiran), (4) Historiografi (penulisan sejarah). Hasil penelitian ini adalah (1) Kebijakan Baliseering sebagai upaya menjadikan Bali sebagai Museum dilakukan dengan upaya penyelamatan benda-benda bersejarah, (2) struktur bangunan Museum Bali berdasarkan bangunan tradisional tetapi mengikuti fungsi museum, (3) koleksi museum yang berpotensi sebagai sumber belajar. Adapun koleksi Museum Bali yang bisa dijadikan sebagai sumber belajar sejarah hasil analisis kurikulum dan silabus adalah (1) artefak pra-aksara, (2) berbagai jenis uang kepeng, (3) Cili, (4) Keris, dan (5) peninggalan kolonial yang selanjutnya disusun kedalam Buku Suplemen supaya dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar sejarah di SMA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sejarah, koleksi, sumber belajar.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sejarah (S1)
Depositing User: FAHRIZAL YUNUS
Date Deposited: 10 Jul 2021 14:43
Last Modified: 10 Jul 2021 14:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6393

Actions (login required)

View Item View Item