PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL PADA TOPIK GAYA SISWA KELAS IV SD

Sastrawan, I Putu Oka (2021) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL PADA TOPIK GAYA SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031091-COVER.pdf

Download (696kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031091-ABSTRAK.pdf

Download (82kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031091-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (208kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031091-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (758kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031091-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031091-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031091-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031091-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031091-LAMPIRAN.pdf

Download (18MB)

Abstract

Kurangnya kreativitas guru dalam pembelajaran untuk mengembangkan media pembelajaran membuat pembelajaran menjadi kurang efektif. Oleh sebab itu perlunya pengembangan media yang mampu membuat siswa menjadi antusias dalam belajar contohnya seperti komik digital. Penelitian ini menghasilkan product berupa media Komik Digital Pada Topik Gaya Siswa SD yang teruji validitasnya. Model yang digunakan adalah model ADDIE dengan tahapannya Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Namun kurangnya waktu, sumber daya, dan kondisi yang tidak memungkinkan maka tahapan Implementation dan Evaluation tidak dapat dilaksanakan. Subjek penelitian ialah media komik digital sedangkan objek penelitian ialah validitas media komik digital. Metode dan instrumen pengumpulan data yang digunakan ialah metode rating scale, sedangkan untuk mengukur validitas dari media komik digital menggunakan instrumen penilaian validitas media komik digital. Hasil data yang telah diperoleh akan dianalisis menggunakan rumus indeks validitas Aiken untuk data para ahli dan rumus mean untuk data para responden guna mengetahui validitas media komik digital. Hasil validitas media pada analisis indeks validitas Aiken penilaian para ahli mendapat skor sebesar 0,95 dari ahli materi dengan kriteria “validitas tinggi”, 0,95 dari ahli media dengan kriteria “validitas tinggi”, sedangkan pada analisis skor penilaian dari para responden menggunakan rumus mean memperoleh rata-rata sebesar 4,57 dari respons praktisi dengan predikat “sangat baik”, 4,50 dari respons siswa dengan predikat “sangat baik”. Oleh karena itu media komik digital sangat cocok digunakan saat proses pembelajaran khususnya pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: komik digital, topik gaya, ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I PUTU OKA SASTRAWAN
Date Deposited: 12 Jul 2021 01:02
Last Modified: 12 Jul 2021 01:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6418

Actions (login required)

View Item View Item