PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERMUATAN IPA PADA SUBTEMA 1 TEMA 6 KELAS V SEKOLAH DASAR

Sintawati, Ni Putu (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERMUATAN IPA PADA SUBTEMA 1 TEMA 6 KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031007-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031007-ABSTRAK.pdf

Download (324kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (543kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (595kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031007-LAMPIRAN.pdf

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif bermuatan IPA pada subtema 1 tema 6 kelas V SD yang sudah teruji validitasnya. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Namun, penelitian ini hanya dilaksanakan sampai tahap pengembangan saja, tahap implementasi dan evaluasi tidak dilaksanakan karena situasi dan kondisi pandemi covid-19 saat ini. Subjek dalam penelitian ini adalah bahan ajar e-modul interaktif bermuatan IPA pada subtema 1 tema 6 kelas V SD, sedangkan objek dalam penilitian ini adalah validitas e-modul interaktif bermuatan IPA pada subtema 1 tema 6 kelas V SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode kuesioner dengan memberikan dan menyebarkan lembar penilaian kepada responden yaitu ahli materi, ahli media dan praktisi. Hasil dari kegiatan uji validitas e-modul interaktif muatan IPA ini berupa angka yang dihitung rata-rata skornya kemudian dikategorikan ke dalam tabel pedoman skala lima. Penilaian ahli materi yang terdiri dari dua orang dosen mendapatkan nilai 4,5 dengan kualifikasi “sangat baik”. Penilaian ahli media yang terdiri dari dua orang dosen mendapatkan nilai 4,8 dengan kualifikasi “sangat baik” dan hasil penilaian praktisi yang terdiri dari dua orang guru wali kelas V SD mendapatkan nilai 4,9 dengan kualifikasi “sangat baik”. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh maka dapat disimpulkan pengembangan e-modul interaktif bermuatan IPA pada subtema 1 tema 6 kelas V SD dinyatakan sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Modul Interaktif, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI PUTU SINTAWATI
Date Deposited: 12 Jul 2021 01:10
Last Modified: 12 Jul 2021 01:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6423

Actions (login required)

View Item View Item