PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 KUTAMPI KABUPATEN KLUNGKUNG TAHUN AJARAN 2020/2021

Dewi, Ni Luh Putu Sintia (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 KUTAMPI KABUPATEN KLUNGKUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031213-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031213-ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031213-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (332kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031213-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (675kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031213-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (971kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031213-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031213-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031213-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031213-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dan mengetahui kelayakan dari pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif pada mata pelajaran IPA. Model penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu model DDD-E (Decide, Design, Develop, dan Evaluate. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan metode observasi, wawancara, dan kuesioner atau angket. Pada uji rancang produk dilakukan oleh beberapa ahli serta siswa yang meliputi: (1) ahli isi mata pelajaran, (2) ahli desain pembelajaran, (3) ahli media pembelajaran, dan (4) uji coba perorangan yang dilakukan terhadap tiga orang siswa dengan kategori memiliki pengetahuan tinggi, sedang, dan rendah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari data hasil penelitian menunjukkan tingkat persentase kelayakan dari media pembelajaran powerpoint interaktif menurut ahli isi mata pelajaran yaitu sebesar 100%, tingkat kelayakan persentase dari ahli desain pembelajaran yaitu sebesar 95,00%, tingkat kelayakan persentase dari ahli media pembelajaran yaitu sebesar 89,2% dan menurut hasil uji coba perorangan tingkat persentase yang diperoleh yaitu 91,66% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif layak untuk dipergunakan pada kegiatan pembelajaran dengan muatan pelajaran IPA bagi siswa kelas VI SD Negeri 1 Kutampi Kabupaten Klungkung Tahun Ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media, powerpoint, IPA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI LUH PUTU SINTIA DEWI
Date Deposited: 12 Jul 2021 01:18
Last Modified: 12 Jul 2021 01:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6430

Actions (login required)

View Item View Item