Lestari, Ni Putu Yeni (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Membaca untuk Siswa Kelas I SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031042-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031042-ABSTRAK.pdf Download (168kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031042-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (331kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031042-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031042-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (655kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PENELITIAN)
1711031042-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (608kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031042-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031042-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (299kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031042-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan video pembelajaran membaca untuk siswa kelas I SD dan untuk mengembangkan video pembelajaran membaca untuk siswa kelas I SD yang teruji validitasnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model ADDIE dengan tahapan-tahapan yaitu: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Namun, karena keterbatasan waktu, finansial, tenaga, dan sumber daya maka tahap implementasi dan tahap evaluasi tidak dilaksanakan. Sehingga, pada penelitian ini hanya dilaksanakan pada tahap analisis, desain, dan pengembangan. Subjek pada penelitian ini adalah video pembelajaran membaca untuk siswa kelas I SD. Objek pada penelitian ini adalah validitas video pembelajaran membaca untuk siswa kelas I SD yang dikembangkan. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kuesioner dengan memberikan lembar penilaian kepada dua orang dosen ahli media, dua orang ahli materi bahasa Indonesia, dan dua orang guru kelas I SD di gugus IV Kecamatan Buleleng. Data hasil validasi dari para ahli kemudian dianalisis menggunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata skor validitas video pembelajaran membaca. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata skor validasi video pembelajaran membaca yaitu 4,73 dengan kualifikasi sangat baik dan validasi materi yaitu 4,81 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis tersebut, video pembelajaran membaca untuk siswa kelas I SD dinyatakan valid dan memiliki kualifikasi sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video pembelajaran, membaca |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Yeni Lestari |
Date Deposited: | 13 Jul 2021 07:05 |
Last Modified: | 13 Jul 2021 07:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6464 |
Actions (login required)
View Item |