Supartini, Ni Kadek (2021) Pengembangan Aktivitas Pembelajaran Berorientasi Taksonomi Bloom Revisi untuk Meningkatkan Kemampuan Pengetahuan Prosedural pada Siswa Kelas IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031095-COVER.pdf Download (630kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031095-ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
|
Text (BAB 1)
1711031095-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (329kB) |
|
Text (BAB 2)
1711031095-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
1711031095-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
1711031095-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (525kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
1711031095-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031095-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (422kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031095-LAMPIRAN.pdf Download (15MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan aktivitas pembelajaran berorientasi Taksonomi Bloom Revisi untuk meningkatkan kemampuan pengetahun prosedural pada siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model penelitian 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Subjek penelitian ini adalah aktivitas pembelajaran berorientasi Taksonomi Bloom Revisi untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan prosedural. Objek uji validasi penelitian ini adalah validasi aktivitas pembelajaran berorientasi Taksonomi Bloom Revisi yang telah dikembangkan. Sampel penelitian ini adalah 50 orang siswa dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode non tes berupa kuesioner dan metode tes. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui validasi aktivitas pembelajaran berbentuk rating scale dengan rentang 1-5 untuk diberikan penilaian oleh 4 orang ahli isi dan 2 orang guru sebagai praktisi. Hasil penilaian ahli dianalisis menggunakan rumus indeks validitas Aiken dan menunjukkan hasil bahwa skor tertingi sebesar 1 dengan kategori sangat valid dan skor terendah sebesar 0,75 dengan kategori valid. Sedangkan hasil penilaian guru menunjukkan hasil sebesar 4,78 dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas pembelajaran berorientasi Taksonomi Bloom Revisi layak dikembangkan. Hasil perolehan rata-rata skor kelas eksperimen sebesar 38,12 dan kelas kontrol sebesar 24,96. Berdasarkan analisis tersebut, pengembangan aktivitas pembelajaran efektif digunakan untuk meningkatkan pengetahuan prosedural siswa kelas IV SD. Kata kunci: aktivitas pembelajaran, taksonomi bloom revisi, pengetahuan prosedural. ABSTRACT This study aims to develop a learning activity oriented to Revised Bloom's Taxonomy to improve procedural knowledge skills in fourth grade elementary school students. This type of research is research using a 4D research model which consists of the stages of defining, designing, developing, and disseminating. The subject of this research is a learning activity oriented to Revised Bloom's Taxonomy to improve procedural knowledge skills. The object of this research validation test is the validation of learning activities aimed at the Revised Bloom's Taxonomy being developed. The sample of this study was 50 students from the experimental class and the control class. The data collection method used is a non-test method in the form of a questionnaire and a test method. The instrument used for activity validation is in the form of a rating scale with a range of 1-5 to determine by 4 content experts and 2 teachers as practitioners. The results of the analysis expert used the Aiken validity index formula and showed that the highest score was 1 in the very valid category and the lowest score was 0.75 in the valid category. While the results of the teacher's assessment showed a result of 4.78 with a very good category. This shows that learning activities oriented to Revised Bloom's Taxonomy are feasible to be developed. The results of the average score of the experimental class were 38.12 and the control class was 24.96. Based on this analysis, the development of effective learning activities is used to increase the procedural knowledge of fourth grade elementary school students. Keywords: learning activities, revised bloom taxonomy, knowledge procedural
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: aktivitas pembelajaran, taksonomi bloom revisi, pengetahuan prosedural. Keywords: learning activities, revised bloom taxonomy, knowledge procedural. |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI KADEK SUPARTINI |
Date Deposited: | 13 Jul 2021 01:05 |
Last Modified: | 13 Jul 2021 01:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6486 |
Actions (login required)
View Item |