Widyawati, Ni Putu Yuni (2021) PENGEMBANGAN PANDUAN PEMBELAJARAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) BERBASIS PENILAIAN PORTOFOLIO PADA KETERAMPILAN MENULIS SISWA SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031115-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031115-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031115-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (468kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031115-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (926kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031115-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (629kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031115-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (933kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031115-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031115-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (481kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031115-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji keterterimaan (acceptabilty) panduan pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbasis penilaian portofolio pada keterampilan menulis siswa SD. Panduan ini merupakan instrumen bagi guru SD dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Jenis penelitian ini adalah development research dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner untuk memeroleh data dari pakar dan praktisi tentang acceptability panduan pembelajaran TTW. Kuesioner ini terdiri dari 24 item yang meliputi aspek kegunaan (utility), kelayakan (feasibility), dan ketepatan (accuracy). Analisis data pada penelitian ini menggunakan formula perhitungan content validity (CV) yang dikembangkan oleh Gregory. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa keterterimaan panduan pembelajaran model Think Talk Write (TTW) berbasis penilaian portofolio pada keterampilan menulis siswa SD dinyatakan valid. Berdasarkan hasil tersebut panduan pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbasis penilaian portofolio pada keterampilan menulis siswa SD yang dikembangkan dalam penelitian ini telah memenuhi kriteria keterterimaan untuk digunakan sebagai instrumen dalam pelaksanaan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Think Talk Write (TTW), Keterampilan Menulis, R&D |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI PUTU YUNI WIDYAWATI |
Date Deposited: | 15 Jul 2021 10:13 |
Last Modified: | 15 Jul 2021 10:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6574 |
Actions (login required)
View Item |