PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DENGAN MEDIA KONKRET PADA TOPIK SIKLUS AIR DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Bayu, I Made Krisna (2021) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DENGAN MEDIA KONKRET PADA TOPIK SIKLUS AIR DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031219-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031219-ABSTRAK.pdf

Download (325kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031219-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (502kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031219-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031219-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031219-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031219-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031219-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031219-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Pengembangan video pembelajaran demonstrasi dengan pada topik siklus air di kelas V sekolah dasar merupakan tujuan dari penelitian ini. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan 4D dengan tahapan-tahapan yang dilaksanakan yaitu: (1) pendefinisian (define), (2) perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Subjek penelitian ini adalah 2 orang dosen sebagi ahli materi, 2 orang dosen sebagai ahli media, dan 2 orang guru sebagai praktisi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode ranting sacle. Instrumen peniliaian diberikan kepada 2 orang dosen sebagi ahli materi, 2 orang dosen sebagai ahli media, dan 2 orang guru sebagai responden praktisi dan 5 orang siswa sebagai responden. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat validitas video pembelajaran demonstrasi adalah rating scale berupa lembar penilaian materi dan media video pembelajaran demonstrasi dari ahli. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan rumus indeks validitas Aiken untuk data para ahli dan rumus mean untuk mengetahui rata-rata skor validitas dari respons praktisi dan siswa pada video pembelajaran demonstrasi. Hasil validitas materi video pembelajaran demonstrasi yang diperoleh adalah sebesar 0.96 “validitas tinggi”, sedangkan dari ahli media pada video pembelajaran demonstrasi diperoleh skor sebesar 0.92 dengan kriteria “validitas tinggi”. Sedangkan pada analisis skor penilaian para responden menggunakan rumus mean memperoleh rata-rata sebesar 3.72 dari respons praktisi dengan kategori “sangat baik”, dan 3.94 dari respons siswa dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat dinyatakan bahwa video pembelajaran demonstrasi yang dikembangkan pada topik siklus air dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran di kelas V sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media video pembelajaran demonstrasi dengan media konkret, topik siklus air
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I MADE KRISNA BAYU
Date Deposited: 19 Jul 2021 06:49
Last Modified: 19 Jul 2021 06:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6578

Actions (login required)

View Item View Item