Ningsih, Dw Ayu Putri Ari (2021) THE ANALYSIS OF CHARACTER EDUCATION VALUES IN THE SHORT STORIES WRITTEN BY STUDENTS OF CREATIVE WRITING CLASS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1612021115-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1612021115-ABSTRAK.pdf Download (106kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021115-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (348kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021115-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612021115-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021115-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (709kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021115-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021115-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1612021115-LAMPIRAN.pdf Download (595kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam cerpen yang ditulis oleh mahasiswa dari kelas creative writing berdasarkan lima nilai karakter utama yang dikemukakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selain itu, penelitian ini juga difokuskan pada analisis cara mahasiswa memasukkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam cerpennya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dimana pengumpulan datanya menggunakan metode analisis dokumen. Subjek dalam penelitian ini adalah enah cerita pendek ynag ditulis oleh enam siswa yang berbeda. Analisis data dilakukan dengan model analisis data Miles dan Huberman (1994). Hasil penelitian menunjukkan total nilai yang terdapat pada keenam cerpen tersebut adalah 11 nilai. Nilai-nilai tersebut terdiri dari dua nilai utama seperti religious dan cooperative. Sedangkan sisa sembilan nilai lainnya tergolong dalam sub nilai pendidikan karakter, meliputi; sincere, responsible, hardworking, loyal, appreciative, creative, resilient, peace-loving, and patriotic. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa siswa lebih banyak memasukkan nilai-nilai dalam cerita mereka secara implisit.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai Pendidikan Karakter, Cerpen, Creative Writing |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Dw Ayu Putri Ari Ningsih |
Date Deposited: | 16 Jul 2021 01:35 |
Last Modified: | 16 Jul 2021 01:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6619 |
Actions (login required)
View Item |