THE ANALYSIS OF CHARACTER EDUCATION VALUES IN THE SHORT STORIES WRITTEN BY STUDENTS OF CREATIVE WRITING CLASS

Ningsih, Dw Ayu Putri Ari (2021) THE ANALYSIS OF CHARACTER EDUCATION VALUES IN THE SHORT STORIES WRITTEN BY STUDENTS OF CREATIVE WRITING CLASS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612021115-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612021115-ABSTRAK.pdf

Download (106kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021115-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (348kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021115-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612021115-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021115-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021115-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021115-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612021115-LAMPIRAN.pdf

Download (595kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam cerpen yang ditulis oleh mahasiswa dari kelas creative writing berdasarkan lima nilai karakter utama yang dikemukakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selain itu, penelitian ini juga difokuskan pada analisis cara mahasiswa memasukkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam cerpennya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dimana pengumpulan datanya menggunakan metode analisis dokumen. Subjek dalam penelitian ini adalah enah cerita pendek ynag ditulis oleh enam siswa yang berbeda. Analisis data dilakukan dengan model analisis data Miles dan Huberman (1994). Hasil penelitian menunjukkan total nilai yang terdapat pada keenam cerpen tersebut adalah 11 nilai. Nilai-nilai tersebut terdiri dari dua nilai utama seperti religious dan cooperative. Sedangkan sisa sembilan nilai lainnya tergolong dalam sub nilai pendidikan karakter, meliputi; sincere, responsible, hardworking, loyal, appreciative, creative, resilient, peace-loving, and patriotic. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa siswa lebih banyak memasukkan nilai-nilai dalam cerita mereka secara implisit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Karakter, Cerpen, Creative Writing
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Dw Ayu Putri Ari Ningsih
Date Deposited: 16 Jul 2021 01:35
Last Modified: 16 Jul 2021 01:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6619

Actions (login required)

View Item View Item