ANALISIS PEMBELAJARAN DARING PADA MATERI CERITA RAKYAT (HIKAYAT) PADA SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 SUKASADA

Utari, Ni Luh Gede Lyana (2021) ANALISIS PEMBELAJARAN DARING PADA MATERI CERITA RAKYAT (HIKAYAT) PADA SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712011056-COVER.pdf

Download (500kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712011056-ABSTRAK.pdf

Download (60kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712011056-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (154kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712011056-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712011056-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712011056-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712011056-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712011056-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712011056-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah yang dilakukan guru dalam pembelajaran daring pada materi cerita rakyat (hikayat) pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Sukasada, (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa selama pembelajaran daring pada materi cerita rakyat (hikayat) pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Sukasada, (3) mendeskripsikan kendala-kendala yang dialami guru dalam pembelajaran daring pada materi cerita rakyat (hikayat) pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Sukasada. Subjek penelitian ini ialah Guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Sukasada, sedangkan objek penelitian ini ialah pembelajaran daring pada materi cerita rakyat (hikayat). Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah berisi pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup, (2) hasil belajar siswa pada materi cerita rakyat (hikayat) yang diperoleh oleh siswa kelas X IPS 1 dari segi pengetahuan rata-ratanya ialah 90,15 dengan kategori sangat baik (A) dan kelas X IPS 2 dengan rata-rata 86,50 dengan kategori sangat baik (A). Hasil belajar dari segi keterampilan yang diperoleh oleh kelas X IPS 1 rata-ratanya ialah 86,71 dengan kategori sangat baik (A) dan kelas X IPS 2 dengan rata-rata 85,83 dengan kategori sangat baik (A), (3) kendala yang dihadapi dalam pembelajaran daring pada materi cerita rakyat (hikayat) menurut guru ialah kendala eksternal siswa yaitu teknis. Berdasarkan simpulan tersebut, ada beberapa saran yang dapat disampaikan yaitu: (1) guru harus dapat lebih membuat siswa nyaman dalam pembelajaran sehingga siswa selalu berantusias dalam pembelajaran. Selain itu, diharapkan guru dalam penggunaan platform pembelajaran menggunakan berbagi fitur, (2) siswa diharapkan dapat lebih bersemangat walaupun pembelajaran dilakukan secara daring, (3) peneliti lain diharapkan dapat meneliti pembelajaran daring tidak hanya pada materi cerita rakyat (hikayat) melainkan materi pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, daring, pembelajaran daring, cerita rakyat (hikayat).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Ni Luh Gede Lyana Utari
Date Deposited: 17 Jul 2021 13:30
Last Modified: 17 Jul 2021 13:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6689

Actions (login required)

View Item View Item