UNDERGRADUATE EFL STUDENTS’ PERCEPTION TOWARDS THE USE OF GOOGLE TRANSLATE ON STUDENTS’ THESIS

Yanti, Gusti Ayu Made (2021) UNDERGRADUATE EFL STUDENTS’ PERCEPTION TOWARDS THE USE OF GOOGLE TRANSLATE ON STUDENTS’ THESIS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712021122-COVER.pdf

Download (947kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712021122-ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021122-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (164kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021122-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1712021122-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021122-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021122-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021122-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712021122-LAMPIRAN.pdf

Download (978kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti persepsi dari mahasiswa EFL terkait penggunaan Google Translate dalam penulisan skripsi dan menjelaskan kekuatan serta kelemahan Google Translate yang dirasakan oleh mahasiswa selama menggunakan Google Translate dalam penulisan skripsi mereka. Mixed-metod, tepatnya explanatory sequential method adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. 50 orang mahasiswa EFL yang berasal dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Pendidikan Ganesha telah bergabung dan berkontribusi dalam penelitian ini. Hasil pada penelitian ini didapatkan dengan menggunakan dua instrumen yaitu kuisioner dan interview. Hasil penelitian kuantitatif dalam penelitian ini didapatkan melalui kuisioner dan data dari kuisioner tersebut dianalisis meggunakan ideal mean score. Berdasarkan dari pengolahan data kuisioner, hasil menunjukkan persepsi yang positif dan hal ini menunjukkan bahwa Google Translate berguna untuk membantu mahasiswa dalam penulisan skripsi. Selanjutnya, hasil penelitian kualitatif dalam penelitian ini didapatkan melalui sesi interview. Adapun hasil dari sesi interview menunjukkan bahwa kekuatan Google Translate dapat dikategorikan menjadi tiga jenis yaitu, kinerja, fitur dan tampilan. Kemudian, kelemahan Google Translate yang dirasakan oleh mahasiswa adalah kurangnya tatanan bahasa dan hasil terjemahan yang tidak akurat. Karenanya, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa, Google Translate dapat dikategorikan sebagai alat yang berguna untuk membantu mahasiswa dalam penulisan skripsi, namun mahasiswa juga perlu menggunakannya dengan bijaksana untuk menghindari kelemahan-kelemahan pada Google Translate.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Google Translate, mahasiswa EFL, persepsi, penulisan skripsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Gusti Ayu Made Trisna Yanti
Date Deposited: 20 Jul 2021 02:02
Last Modified: 20 Jul 2021 02:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6727

Actions (login required)

View Item View Item