Yanti, Gusti Ayu Made (2021) UNDERGRADUATE EFL STUDENTS’ PERCEPTION TOWARDS THE USE OF GOOGLE TRANSLATE ON STUDENTS’ THESIS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712021122-COVER.pdf Download (947kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712021122-ABSTRAK.pdf Download (200kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021122-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (164kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021122-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1712021122-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021122-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021122-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021122-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712021122-LAMPIRAN.pdf Download (978kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti persepsi dari mahasiswa EFL terkait penggunaan Google Translate dalam penulisan skripsi dan menjelaskan kekuatan serta kelemahan Google Translate yang dirasakan oleh mahasiswa selama menggunakan Google Translate dalam penulisan skripsi mereka. Mixed-metod, tepatnya explanatory sequential method adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. 50 orang mahasiswa EFL yang berasal dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Pendidikan Ganesha telah bergabung dan berkontribusi dalam penelitian ini. Hasil pada penelitian ini didapatkan dengan menggunakan dua instrumen yaitu kuisioner dan interview. Hasil penelitian kuantitatif dalam penelitian ini didapatkan melalui kuisioner dan data dari kuisioner tersebut dianalisis meggunakan ideal mean score. Berdasarkan dari pengolahan data kuisioner, hasil menunjukkan persepsi yang positif dan hal ini menunjukkan bahwa Google Translate berguna untuk membantu mahasiswa dalam penulisan skripsi. Selanjutnya, hasil penelitian kualitatif dalam penelitian ini didapatkan melalui sesi interview. Adapun hasil dari sesi interview menunjukkan bahwa kekuatan Google Translate dapat dikategorikan menjadi tiga jenis yaitu, kinerja, fitur dan tampilan. Kemudian, kelemahan Google Translate yang dirasakan oleh mahasiswa adalah kurangnya tatanan bahasa dan hasil terjemahan yang tidak akurat. Karenanya, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa, Google Translate dapat dikategorikan sebagai alat yang berguna untuk membantu mahasiswa dalam penulisan skripsi, namun mahasiswa juga perlu menggunakannya dengan bijaksana untuk menghindari kelemahan-kelemahan pada Google Translate.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Google Translate, mahasiswa EFL, persepsi, penulisan skripsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Gusti Ayu Made Trisna Yanti |
Date Deposited: | 20 Jul 2021 02:02 |
Last Modified: | 20 Jul 2021 02:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6727 |
Actions (login required)
View Item |