THE SECOND SEMESTER STUDENTS’ SPEAKING ANXIETY IN ENGLISH LANGUAGE EDUCATION AT GANESHA UNIVERSITY OF EDUCATION

Laksmi, I Gusti Ayu Rai (2021) THE SECOND SEMESTER STUDENTS’ SPEAKING ANXIETY IN ENGLISH LANGUAGE EDUCATION AT GANESHA UNIVERSITY OF EDUCATION. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712021067-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712021067-ABSTRAK.pdf

Download (418kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021067-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (331kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021067-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021067-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021067-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021067-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021067-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712021067-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis – jenis kecemasan dan mencari faktor penyebab kecemasan berbicara pada mahasiswa semester dua di program studi pendidikan bahasa Inggris, UNDIKSHA. Penelitian ini menggunakan mixed-method sebagai rancangan penelitian dan juga menggunakan teknik random sampling untuk menentukan sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan 76 mahasiswa semester dua sebagai sampel penelitian. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan dua macam metode peneliatan, yaitu questionnaire dan interview. Adapun instrumen – instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu self-report questionnaire, closed-ended questionnaire and open-ended interview. Penelitian ini dilakukan secara online dikarenakan adanya pandemi COVID-19. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada dua jenis kecemasan yang dialami oleh mahasiswa semester dua, yaitu state dan trait anxiety. Terdapat 26% mahasiswa yang mengalami state anxiety, 67% mahasiswa mengalami trait anxiety, dan 7% mahasiswa mengalami kedua jenis kecemasan tersebut secara bersamaan. Selain itu, penelitian ini menunjukkan adanya faktor internal dan external yang menjadi penyebab mahasiswa semester dua mengalami kecemasan berbicara. Penelitian ini menemukan bahwa ada lima faktor internal dan sebelas faktor external yang menyebabkan kecemasan berbicara pada mahasiswa semester dua. Penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber untuk menegetahui bahwa keterampilan berbicara tidak hanya dipengaruhi oleh penegtahuan seseorang namun juga dapat dipengaruhi oleh psychology mereka sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Berbicara, Kecemasan, Pembelajaran Bahasa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: I Gusti Ayu Rai Laksmi
Date Deposited: 20 Jul 2021 12:58
Last Modified: 20 Jul 2021 12:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6737

Actions (login required)

View Item View Item