Werdiyanti, Ni Nyoman Diah (2021) Teachers' Perceptions of Formative Assessment in Online Learning on Junior High School Students' Writing Competence in Mengwi. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712021154-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712021154-ABSTRAK.pdf Download (438kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021154-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (351kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021154-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021154-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (579kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021154-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (646kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021154-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021154-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (451kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712021154-LAMPIRAN.pdf Download (421kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi mengubah pembelajaran tradisional menjadi pembelajaran campuran. Dunia saat ini sedang dilanda pandemi yang dikenal dengan Corona Virus Disease (COVID-19). Indonesia berupaya mencegah penularan COVID-19 dengan menerapkan Belajar dari Rumah (BDR). Hal ini menyebabkan terjadinya perubahan dari pembelajaran campuran menjadi pembelajaran dalam jaringan secara keseluruhan, yang artinya semua instruksi dilakukan secara online, bahkan proses penilaian. Dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris, menulis dianggap sebagai kompetensi yang sangat penting. Dengan demikian, untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam menulis, penilaian memegang peranan penting. Karena menulis adalah sebuah proses, salah satu jenis penilaian yang harus diterapkan guru adalah penilaian formatif. Penilaian formatif harus dilaksanakan secara terus menerus untuk melihat kemajuan dan peningkatan siswa. Studi pendahuluan menunjukkan bahwa guru memiliki pandangan yang berbeda terhadap penilaian formatif kompetensi menulis siswa dalam pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru tentang penilaian formatif terhadap kompetensi menulis siswa dalam pembelajaran online. Sekolah Menengah Pertama di Mengwi dipilih sebagai tempat penelitian ini dan enam guru bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama dipilih sebagai subjek penelitian ini. Rancangan penelitian ini adalah metode campuran sekuensial eksplanatori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki persepsi positif terhadap penilaian formatif kompetensi menulis siswa dalam pembelajaran online pada pengetahuan, keyakinan, dan sikap. Artinya guru memiliki pengetahuan yang cukup tentang penilaian formatif dan teknologi serta mengetahui beberapa platform dan metode dalam melakukan penilaian formatif. Selain itu, guru telah melakukan penilaian formatif untuk menilai kompetensi menulis siswa dalam pembelajaran online, serta menggunakan beberapa platform dan metode. Ditemukan juga bahwa guru menemukan beberapa kesulitan, kemudahan, dan manfaat dalam melakukan penilaian formatif dalam pembelajaran online untuk menilai kompetensi menulis siswa.Kata kunci: persepsi, asesmen formatif, kompetensi menulis, pembelajaran online
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penilaian formatif, pembalajaran dalam jaringan, persepsi, kompetensi menulis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | NI NYOMAN DIAH WERDIYANTI |
Date Deposited: | 21 Jul 2021 13:58 |
Last Modified: | 21 Jul 2021 13:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6830 |
Actions (login required)
View Item |