Developing Infographic as a Complementary English Teaching Media for 9th Grade of Junior High School

Dewantari, Fiorentina (2021) Developing Infographic as a Complementary English Teaching Media for 9th Grade of Junior High School. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712021202-COVER.pdf

Download (993kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712021202-ABSTRAK.pdf

Download (300kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021202-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (327kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021202-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021202-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (801kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021202-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021202-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021202-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (334kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712021202-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan infografik sebagai media mengajar bahasa inggris untuk kelas 9 Sekolah Menengah Pertama. Penelitian Design and Development dipilih sebagai jenis penelitian untuk mengembangkan media mengajar infografik. Ada tiga tahap penelitian yang dilakukan yaitu mendesain, mengembangkan, dan mengevaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengembangan infografik adalah blueprint pengembangan media, penilaian ahli kontem, dan penilaian ahli media. Penelitian ini menggunakan penelitian campuran dimana data diolah secara kuantitatif dan juga kualitatif. Dalam mengembangkan infografik, data diolah secara kualitatif sedangkan penilaian kualitas media, data diolah secarra kuantitatif dan dideskripsikan secara kualitatif. Pre observasi telah dilakukan di SMPN 4 Singaraja sebagai salah satu sekolah di Singaraja yang dijadikan sebagai salah satu sampel dalam mengembangkan media. Hasil dari penelitian ini adalah 13 topik dirancang kedalam infografik dengan bantuan dari program Canva, Google Classroom, Google Form, dan QR Code. Kualitas dari konten dan media infografik menunjukkan hasil yang sangat bagus sebagai media mengajar berdasarkan penilaian ahli. Oleh karena itu, infografik dapat digunakan sebagai media pelengkap dalam mengajar bahasa inggris. Sehingga proses mengajar bisa menjadi lebih menarik dan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: English Teaching Media, Infographic, Visual Media
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Fiorentina Dewantari
Date Deposited: 21 Jul 2021 14:21
Last Modified: 21 Jul 2021 14:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6852

Actions (login required)

View Item View Item