PENGARUH PEMBERIAN TUGAS PRA-KONSEP PADA MODEL BLENDED LEARING TIPE FLIPPED CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TABANAN

Wikantari, Kadek Sonia (2021) PENGARUH PEMBERIAN TUGAS PRA-KONSEP PADA MODEL BLENDED LEARING TIPE FLIPPED CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TABANAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713011083-COVER.pdf

Download (587kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713011083-ABSTRAK.pdf

Download (246kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011083-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (477kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011083-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011083-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011083-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011083-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011083-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (462kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713011083-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kesiapan siswa dalam menjajaki pembelajaran merupakan suatu hal yang perlu dimiliki siswa terutama pada saat pembelajaran daring di tengah penyebaran virus COVID-19, karena melalui persiapan yang matang peserta didik merasa siap dalam belajar serta akan meningkatkan prestasi belajar. Dalam mempersiapkan siswa dalam proses pembelajaran daring diperlukan suatu inovasi berupa pemberian tugas pra-konsep. Penelitian ini memiliki tujuan agar mengetahui pengaruh pemberian tugas pra-konsep pada model blended learing tipe flipped classroom di pembelajaran daring pada prestasi belajar matematika peserta didik kelas X SMA N 1 Tabanan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan post-test only group design. Sampel penelitian sebanyak 72 siswa, ditentukan dengan prosedur clustered random sampling. Pengumpulan datanya dengan intrumen berupa tes uraian. Tes yang digunakan telah memenuhi kriteria valid serta reliabel dimana koefisien reliabilitasnya 0,611. Data nilai prestasi belajar matematika peserta didik dianalasis dengan uji t. Dari hasil analisis didapat prestasi belajar matematika peserta didik dengan pembelajaran daring dengan pemberian tugas pra-konsep pada model blended learing tipe flipped classroom lebih tinggi dibanding prestasi belajar matematika peserta didik dengan pembelajaran konvensional pada pembelajaran daring (t = 0,017 ; p < 0,05). Jadi, pemberian tugas pra-konsep pada model blended learing tipe flipped classroom dalam pembelajaran daring dapat dijadikan sebagai solusi untuk peningkatan prestasi belajar matematika peserta didik pada pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Prestasi Belajar Matematika, Tugas Pra-Konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Kadek Sonia Wikantari
Date Deposited: 23 Jul 2021 01:41
Last Modified: 23 Jul 2021 01:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6935

Actions (login required)

View Item View Item