THE USE OF SEESAW APPLICATION FOR ENHANCING PARENT-TEACHER ENGAGEMENT IN PROMOTING ENGLISH LITERACY AT SUNRISE SCHOOL BALI

Zenitha, Ni Putu Ria (2021) THE USE OF SEESAW APPLICATION FOR ENHANCING PARENT-TEACHER ENGAGEMENT IN PROMOTING ENGLISH LITERACY AT SUNRISE SCHOOL BALI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929081010-COVER.pdf

Download (917kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929081010-ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929081010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929081010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929081010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929081010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (905kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1929081010-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929081010-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929081010-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Zenitha, Ni Putu Ria (2021), Penggunaan Aplikasi Seesaw untuk Meningkatkan Keterlibatan Orangtua dan Guru dalam Mempromosikan Literasi Bahasa Inggris di Sunrise School Bali. Tesis Magister, Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis Magister ini sudah diuji dan disetujui oleh Dosen Pembimbing 1: Prof. Dra. Luh Putu Artini, M.A.,Ph.D. dan Dosen Pembimbing 2: Dr. Dewa Putu Ramendra, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk (1)menganalisis aplikasi Seesaw yang digunakan oleh guru-guru kelas usia dini di Sunrise School Bali, (2) mendeskripsikan dampak implementasi aplikasi Seesaw terhadap literasi Bahasa Inggris anak-anak dari perspektif guru dan (3)mendeskripsikan dampak implementasi aplikasi Seesaw terhadap literasi Bahasa Inggris anak-anak dari perspektif orang tua. Data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif yang melibatkan hasil wawancara guru, pengamatan aplikasi Seesaw, dan kuesioner kepada guru dan orang tua selama Oktober hingga Desember 2020 (Term 2). Penelitian ini menggunakan metode exploratory sequential mixed method yang memiliki 2 fase; kualitatif dan kemudian kuantitatif dengan keduanya diinterpretasikan. Hasil temuandidapatkan bahwa guru melakukan tiga tahap; merencanakan, melaksanakan, dan menilai selama pembelajaran jarak jauh. Aplikasi Seesaw digunakan sebagai platform untuk mengirimkan semua instruksi literasi dan berkomunikasi dengan orang tua mengenai kemajuan belajar anak-anak. Sementara itu, dampak aplikasi Seesaw terhadap literasi anak-anak dari perspektif guru dan orang tua diukur untuk skor rata-rata berturut-turut 67.5 dan 67.2. Mereka dikualifikasikan sangat tinggi dengan menggunakan kategori dari Koyan yang bermakna respons yang sangat positif dari kedua belah pihak pada interval 61.75≤M<76. Hal ini memiliki peran penting untuk terus menerus menerapkan aplikasi ini untuk meningkatkan keterlibatan antara guru dan orang tua dan memotivasi anak-anak untuk belajar literasi di rumah dengan menampilkan karya-karya mereka kepada orang tua dan guru. Implikasi dari hasil ini secara teoritis; ini mendukung teori bahwa keterlibatan orang tua terhadap prestasi akademik anak diperlukan untuk dilakukan bahkan dalam proses pembelajaran jarak jauh. Secara praktis, guru akan memiliki pengetahuan mengenai peningkatan literasi dengan terlibat dengan orang tua juga dalam aplikasi Seesaw. Ini juga bisa menjadi cara lain untuk membantu dan mengajar anak-anak usia dini dengan menggunakan teknologi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Seesaw, literasi Bahasa Inggris, perspektif guru, perspektif orangtua
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Ni Putu Ria Zenitha
Date Deposited: 22 Jul 2021 11:45
Last Modified: 22 Jul 2021 11:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6946

Actions (login required)

View Item View Item