Sudarsana, Gede Arya (2021) An Analysis of the English Teachers’ Perception on Reflective Thinking Practice in the Online Learning at SMAN 1 Sukasada. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712021058-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712021058-ABSTRAK.pdf Download (294kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021058-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (177kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021058-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1712021058-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021058-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021058-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021058-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (266kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712021058-LAMPIRAN.pdf Download (643kB) |
Abstract
Penelitian deskriptif ini menginvestigasi bagaimana guru bahasa Inggris mempersepsikan diri mereka sebagai praktisi dalam berpikir reflektif selama pembelajaran online. Dua guru bahasa Inggris di SMAN 1 Sukasada yang telah mengajar selama hampir sepuluh tahun menanggapi kuesioner skala keterampilan mengajar reflektif yang berisi 20 pernyataan. Wawancara juga dilakukan untuk mengumpulkan data yang lebih detail guna mendukung temuan dari kuesioner. Hasil data menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris di SMAN 1 Sukasada mempersepsikan dirinya sebagai guru reflektif tingkat lanjut di kelas online. Dari 20 pernyataan dalam kuesioner menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris berada pada tingkat lanjut dalam berpikir reflektif. Guru dapat dikategorikan sebagai tingkat lanjut bila guru telah menerapkan empat keterampilan berpikir reflektif; keterampilan belajar sepanjang hayat, kepercayaan diri, penilaian diri dan kemampuan kesadaran diri. Sedangkan dalam melakukan refleksi, guru mengalami beberapa kendala; kelembagaan, pengarahan diri sendiri, dan masalah dengan prinsip-prinsip pengajaran reflektif. Namun demikian, ada beberapa solusi yang dilakukan guru untuk mengatasi masalah yang mereka hadapi selama pembelajaran online seperti; mengubah strategi mengajar dan cara mereka mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | refleksi, berpikir refleksi, pembelajaran daring |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Gede Arya Sudarsana |
Date Deposited: | 22 Jul 2021 11:20 |
Last Modified: | 22 Jul 2021 11:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6952 |
Actions (login required)
View Item |