Sumantri, I Gusti Ayu Oka (2021) KOLABORASI SEKOLAH DAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN IPS BERBASIS ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 1 SINGARAJA BALI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1929091007-COVER.pdf Download (886kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929091007-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929091007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (356kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929091007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (987kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929091007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929091007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (790kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1929091007-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929091007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (493kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929091007-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Sumantri, I Gusti Ayu Oka (2021), Kolaborasi sekolah dan orang tua dalam pembelajaran IPS berbasis online pada masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Singaraja Bali. Tesis, Pendidikan IPS, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr. Nengah Bawa Atmadja, M.A. dan Pembimbing II : Dr. Tuty Maryati, M.Pd. Kata kunci : kolaborasi, pembelajaran IPS, online, Covid-19 Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menganalisis sistem pembelajaran IPS berbasis online pada masa pandemi Covid-19; (2) menganalisis kolaborasi sekolah dan orang tua dalam bentuk pendampingan dalam proses pembelajaran IPS berbasis online pada masa pandemi Covid-19; (3) menganalisis ketuntasan hasil belajar IPS berbasis online pada masa pandemi Covid-19 di SMPN 1 Singaraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilakukan di SMP Negeri 1 Singaraja. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara : observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik validasi data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data dilakukan dalam tiga tahap yaitu : reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sistem pembelajaran IPS berbasis online pada masa pandemi di SMPN 1 Singaraja mengacu pada Kep. Mendikbud RI Nomor 719/P/2020. Pelaksanaan pembelajarannya dilakukan dengan moda daring dengan memanfaatkan aplikasi BEE (Buleleng Education Expose). Kolaborasi antara sekolah dan orang tua diwujudkan dalam bentuk kolaborasi dengan paguyuban tingkat yang dibentuk oleh orang tua siswa. Paguyuban ini menjadi jembatan komunikasi antara siswa dengan guru dan sekolah. Dilihat dari hasil belajar IPS hampir seluruh siswa bisa mencapai ketuntasan minimum yang ditetapkan. . ABSTRACT Keywords: collaboration, social studies learning, online, Covid-19 This study aims to: (1) analyze online-based IPS learning systems during the Covid-19 pandemic; (2) analyze school and parent collaboration in the form of mentoring in the online-based IPS learning process during the Covid-19 pandemic; (3) analyze the completion of online-based IPS learning outcomes during the Covid-19 pandemic at SMPN 1 Singaraja. This study uses qualitative descriptive approach conducted at SMP Negeri 1 Singaraja. Determination of informants using purposive sampling techniques, data collection techniques are carried out by: observation, interview and documentation. Data validation techniques use triangulation techniques. Data analysis is carried out in three stages,namely:data reduction, data exposure and conclusion drawing. The results showed that the online-based IPS learning system during the pandemic at SMPN 1 Singaraja refers to Kep. Mendikbud RI Number 719/P/2020. The implementation of the learning is done by online mode by utilizing the APPLICATION BEE (Buleleng Education Expose). Collaboration between schools and parents is realized in the form of collaboration with level groups formed by parents of students. This group became a bridge of communication between students and teachers and schools. Judging from the results of ips learning almost all students can achieve the minimum completion set.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kolaborasi, pembelajaran IPS, online, Covid-19 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2) |
Depositing User: | I GUSTI AYU OKA SUMANTRI |
Date Deposited: | 22 Jul 2021 11:49 |
Last Modified: | 22 Jul 2021 11:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6957 |
Actions (login required)
View Item |