Lestari, Ni Made Novia (2021) BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN TEKS SASTRA DRAMA DI KELAS XI SMA NEGERI 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1612011072-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1612011072-ABSTRAK.pdf Download (304kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612011072-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (348kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612011072-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (471kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612011072-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612011072-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1612011072-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612011072-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (235kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1612011072-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Jenis – jenis bahan ajar guru ketika melaksanakan pengajaran sastra drama di kelas XI SMA Negeri 4 Singaraja, (2) Prosedur penggunaan bahan ajar guru dalam pembelajaran teks sastra drama, (3) Evaluasi bahan ajar dalam pembelajaran teks sastra drama. Analisis ini mengaplikasikan konstruksi metode deskriptif kualitatif. Dengan subjek setiap guru atau tenaga pengajar mata pelajaran Bahasa dan sastra Indonesia di Sekolah Menegah Atas Negeri 4 Singaraja lebih tepatnya pada kelas XI. Menggunakan observasi, wawancara narasumber, juga dokumentasi didalam penggabungan data. Hasilnya ini adalah (1) jenis-jenis bahan ajar yang digunakan guru dalam pembelajaran teks sastra drama yaitu. (a) Video dalam Youtube (b) Materi dalam Google Classroom (c) Materi dalam Web (d) Video Pembelajaran sendiri. (2) Prosedur penggunaan bahan ajar guru dalam pembelajaran teks sastra drama yang mencakup tiga tahap prosedur, diantaranya (a) Memberikan konsep dasar drama melalui video dalam youtube, (b) Menyajikan modul untuk mengecek pemahaman siswa, dan (c) Menyajikan ringkasan materi dan video pembelajaran sendiri. (3) Evaluasi bahan ajar dalam pembelajaran teks sastra drama yaitu, (a) Menyesuaikan dengan KD (b) Karakteristik siswa, dan (c) Autentik dan menarik. Dari hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan penggunaan bahan ajar teks sastra drama pada kelas tersebut dilakukan amat sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan ajar, teks sastra drama. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Ni Made Novia Lestari |
Date Deposited: | 22 Jul 2021 11:23 |
Last Modified: | 22 Jul 2021 11:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6985 |
Actions (login required)
View Item |