Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Strategi Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Positif Siswa Kelas VIII B1 Di SMP Negeri 4 Singaraja

Anggalia Krisna Putri, Putu (2021) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Strategi Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Positif Siswa Kelas VIII B1 Di SMP Negeri 4 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713011007-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713011007-ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (356kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (813kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713011007-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah sangat penting bagi kehidupan karena semakin dibutuhkan orang – orang yang bisa memecahkan masalah yang dihadapi dengan cermat, namun faktanya kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan karakter positif siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan strategi daring di kelas VIII B1 SMPN 4 Singaraja tahun ajaran 2020/2021, Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes kemampuan pemecahan masalah berbetuk soal uraian yang terdiri dari 5 pertanyaan di masing – masing siklus dan non tes berupa angket untuk mengetahui tanggapan siswa. Pada siklus I, rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 52,42 dengan ketuntasan belajar secara klasikalnya adalah 14,7% dan karakter positif siswa pada kriteria cukup. Lalu pada siklus II kemampuan pemecahan masalah meningkat menjadi 70,74 dengan ketuntasan belajar secara klasikalnya 58,82% dan karakter positif siswa pada kriteria baik. Pada akhir siklus III kemampuan pemecahan masalah meningkat menjadi 84,15 dan ketuntasan belajar secara klasikalnya 88,2% dan karakter postif siswa berada pada kriteria baik. Setelah dilaksanakan dengan 3 siklus didapatkan hasil bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan strategi daring mampu meningkatkan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, karakter positif siswa dan siswa menanggapi dengan positif pembelajaran dengan menerapkan model ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Strategi daring, Kemampuan Pemecahan Masalah, Karakter positif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Putu Anggalia Krisna Putri
Date Deposited: 22 Jul 2021 16:52
Last Modified: 22 Jul 2021 16:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7023

Actions (login required)

View Item View Item