Studi Evaluatif Pelaksanaan Model Project Based Learning (PjBL) Ditinjau Dari Standar Proses (Permendikbud No.22 Tahun 2016) Pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri 1 Denpasar

Putri, Made Listya Agata (2021) Studi Evaluatif Pelaksanaan Model Project Based Learning (PjBL) Ditinjau Dari Standar Proses (Permendikbud No.22 Tahun 2016) Pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri 1 Denpasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713011019-COVER.pdf

Download (856kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713011019-ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011019-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011019-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713011019-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yaitu dengan melakukan kegiatan evaluasi. Mengacu pada temuan mengenai pelaksanaan model project based learning di SMP Negeri 1 Denpasar peneliti melakukan penelitian studi evaluatif ini dengan tujuan untuk mendeskripsikan efektifitas penerapan model project based learning dalam mata pelajaran matematika ditinjau melalui segi konteks, masukan (input), proses dan produk. Penelitian mengadopsi model evaluasi CIPP. Adapun responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru matematika di SMP Negeri 1 Denpasar yaitu sebanyak 7 orang guru. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan mengacu kepada hasil perhitungan skor T yang kemudian dipetakan dengan prototype kuadran Glickman yang sudah dimodifikasi. Setelah melalui analisis didapatkan hasil perhitungan skor T positif untuk variabel konteks, negatif untuk variabel input, positif untuk variabel proses dan positif untuk variabel produk. Berdasarkan perhitungan skor T tersebut, kemudian dipetakan dengan prototype kuadran Glickman mendapatkan simpulan bahwa hasil perhitungan untuk masing-masing variabel pada model evaluasi CIPP masuk kedalam kuadran II. Dengan mengacu pada hasil perhitungan tersebut dan dukungan argumentasi secara mendalam didapatkan simpulan bahwa pelaksanaan model pembelajaran project based learning dalam mata pelajaran matematika di SMP Negeri 1 Denpasar terlaksana cukup efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Pembelajaran Matematika, PjBL
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Made Listya Agata Putri
Date Deposited: 23 Jul 2021 06:54
Last Modified: 23 Jul 2021 06:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7081

Actions (login required)

View Item View Item