PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SEMESTER GENAP DI SD NEGERI 6 BANYUNING TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Novita, Luh Putu Eva (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SEMESTER GENAP DI SD NEGERI 6 BANYUNING TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031016-COVER.pdf

Download (405kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031016-ABSTRAK.pdf

Download (109kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (266kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031016-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031016-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (346kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031016-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan media pembelajaran Pop-Up Bookdan mengetahui validitas hasil pengembangan media pembelajaran Pop-Up Bookpada mata pelajaran IPA Kelas IV.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Namun, penelitian ini hanya dilaksanakan sampai tahap pengembangan saja, tahap implementasi dan evaluasi tidak dilaksanakan karena saat ini masih terkendala pandemi Covid-19. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara, kuesioner, dan pencatatan dokumen. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu daftar pertanyaan, lembar kuesioner, dan laporan pencatatan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Pop-Up Bookpada pelajaran IPA dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE yang melalui 5 tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Selain itu, hasil validitas media pembelajaran Pop-Up Bookpada pelajaran IPA dinyatakan valid dari review para ahli dan pengguna dengan persentase hasil ahli isi mata pelajaran 93,3% (sangat baik), ahli media pembelajaran 95% (sangat baik), ahli desain pembelajaran 95,3% (sangat baik), ahli praktisi 97,1% (sangat baik), dan uji coba perorangan 93,8% (sangat baik). Dari hasil ini, media pembelajaran Pop-Up Book pada mata pelajaran IPA kelas IV di SD Negeri 6 Banyuning dinyatakan layak untuk digunakan karena memiliki kualifikasi yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Pop-Up Book, IPA, Model ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Luh Putu Eva Novita
Date Deposited: 25 Jul 2021 03:22
Last Modified: 25 Jul 2021 03:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7178

Actions (login required)

View Item View Item