PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VI DI SD LAB UNDIKSHA KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Yugakisha, Made Savitri (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VI DI SD LAB UNDIKSHA KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031111-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031111-ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031111-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (449kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031111-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031111-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031111-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031111-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031111-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (518kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031111-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah belum dikembangkannya instrumen penilaian motivasi belajar yang layak sehingga dilakukan penelitian dengan tujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian yang siap digunakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model RDR yang terdiri dari 3 tahap yaitu tahap research, development dan research. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, studi dokumen, kuisioner dan rating scale. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 ahli instrumen dan 98 siswa. Hasil dari penelitian ini yaitu validitas isi sebesar 0,92 dengan kriteria validitas sangat tinggi, validitas butir yang menunjukkan 2 pernyataan tidak valid, reliabilitas sebesar 0,6474 dengan kriteria reliabilitas kuat. Perhitungan rata-rata keseluruhan respon guru sebesar 3,75 dengan kategori sangat baik dan respon siswa sebesar 3,77 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data tersebut yaitu instrumen penilaian yang dikembangkan telah menunjukkan hasil yang valid dan reliabel sehingga siap digunakan pada pembelajaran IPA SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, IPA, instrumen penilaian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Made Savitri Yugakisha
Date Deposited: 24 Jul 2021 08:54
Last Modified: 24 Jul 2021 08:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7264

Actions (login required)

View Item View Item